IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI WADAH UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SDN PEGADUNGAN 01 PAGI

Maulida Rezkiani Junita, Abdul Halim, Intan Pandini, Putri Angelina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural sebagai wadah untuk menumbuhkan karakter toleransi peserta didik di SDN Pegadungan 01 Pagi, serta mendeskripsikan faktorfaktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan multikultural sebagai wadah untuk menumbuhkan karakter toleransi peserta didik di SDN Pegadungan 01 Pagi. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai Implementasi Pendidikan multikultural untuk menumbuhkan karakter toleransi peserta didik di SDN Pegadungan 01 Pagi, maka didapatkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Implementasi Pendidikan Multikultural Sebagai Wadah untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Peserta Didik di SDN Pegadungan 01 Pagi yang diantaranya: a) Kegiatan Sholat Dhuha setiap hari di Musolah. b) Kegiatan Tauziah setiap hari jum’at, c) Peringatan Isra Mi’raj dan Maulid Nabi, d) Kegiatan Santunan anak yatim, e) Khataman Al-Qur’an untuk kelas 6, f) Pesantren Kilat saat bulan Ramadhan, g) Gebyar budaya Indonesia dan 2) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Pendidikan Multikultural untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Peserta Didik di SD Pegadungan 01 Pagi yang diantaranya: a) Lingkungan keluarga, b) Lingkungan sekolah, c) Pendidik. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Toleransi, Karakter.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asendi, M. A. (2018). Pengaruh penerapan

pendidikan multikultural terhadap sikap

toleransi siswa SD Negeri Suwaru

Kecamatan Pagelaran (Doctoral

dissertation, Universitas Islam Negeri

Maulana Malik Ibrahim).

Erviana, V. Y., & Fatmawati, L. (2019).

Urgensi Pendidikan Multikultural Sebagai

Wadah Strategis Untuk Menanamkan

Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar.

Proceeding of The URECOL, 297-302.

Ramadhani, S. P., Marini, A., & Maksum, A.

(2021). Implementasi Pendidikan

Multikultural dilihat dari Perspektif Guru,

Kepala Sekolah dan Kegiatan Siswa di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1),

-150.

Hero, H. (2021). Implementasi kegiatan

keagamaan dalam rangka pembentukan

karakter toleransi antar umat beragama di

SDK Nangahaledoi. Sosioedukasi: Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(1),

-112.

Pahutar, N. B., Harahap, R., & Sardjijo, S.

(2021). Implementasi Pendidikan Karakter

terhadap Perilaku Belajar dan Sikap

Toleransi Siswa SD di Kecamatan Aek

Natas. Journal of Education, Humaniora

and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 210-

Solehudin, N., Rustini, T., Furnamasari, Y. F.,

& Nurhuda, T. F. (2021). Implementasi

Sikap Toleransi dalam Keberagaman

Budaya Beragama Untuk Meningkatkan

Persatuan Dan Kesatuan Siswa. Journal of

Multiliteracies, 1(2), 62-68.

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021).

Pendidikan Multikultural di Sekolah

Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal

Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42-51


Refbacks

  • There are currently no refbacks.