PPRESEPSI GURU TERHADAP PENGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Rizka Fadhail Nahda, Lies Masithoh, Ahmad Dzaki Fikri, Ratnawati Susanto

Abstract


Penggunaan quizzis sebagai aplikasi berbasis web menjadi platform yang digunakan dalam pembelajaran daring atau online dalam masa pandemi dan guru berkebutuhan untuk memiliki kemmapuan dan menerapkannya dalam pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk dapat mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan media pembelajaran aplikasi Quizizz Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di SD Negeri 05 Jati Pulo, Jakarta Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara sasaran penelitian adalah guru kelas IV .Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persepsi positif guru terhadap penggunaan quizziz sebagai media pembelajaran yang disebabkan karena pengalaman menggunakan quizziz memberikan dampak terhadap peningkatan ketertarikan siswa untuk belajar, meningkatnya semangat belajar siswa dan tercapainya efektifitas pembelajaran. Rekomendasi dari penelitian ini adalah guru dapat meningkatkan kemampuan dan menggunakan quizizz sebagai media pembelajaran guna meningkatkan efektifitas pembelajaran. Kata Kunci : Persepsi Guru, Quizizz, Media Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani,

A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022).

PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU

PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR

PENDIDIKAN. AL-URWATUL

WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 2(1),

-8.

Jennah, R. (2009). Media pembelajaran.

Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021).

Persepsi guru dan peserta didik terhadap

penggunaan aplikasi berbasis web"

quizizz" sebagai media pembelajaran di

sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria,

(5).

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan

Media Pembelajaran Flashcard Dalam

Keterampilan Menulis Karangan

Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi

Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua:

Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan

Sastra, 1(2), 138-146

Basuki, Y., & Hidayati, Y. (2019, April).

Kahoot! or Quizizz: The students’

perspectives. In Proceedings of the 3rd

English Language and Literature

International Conference (ELLiC) (pp.

-211).

Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi

Guru Terhadap Pengembangan

Profesionalisme Melalui Pelatihan Media

Pembelajaran Berbasis Edmodo. In

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

Teknik Informatika (Vol. 2, No. 1, pp. 44-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.