ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA KAHOOT SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN

Hindra Panji Wibowo, Ega Nurliana, Dina Fitri Aryanis, Oktian Fajar Nugroho

Abstract


Dunia sudah memasuki masa Revolusi Industri 4.0 atau tepatnya teknologi telah menguasai dunia sehingga menjadi dasar dalam setiap bidang kehidupan manusia, satu diantaranya yaitu bidang pendidikan. Kini, teknologi sangat meringankan seluruh persoalan di dunia pendidikan sejak dari persiapan belajar hingga evaluasi pembelajaran di sekolah. Kahoot bisa menjadi media yang inovatif dan kreatif untuk guru dalam menggunakan metode pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik di kelas. Kahoot merupakan aplikasi online yang berbentuk permainan atau kuis-kuis pertanyaan yang sudah dirancang oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan menjadikan penelitian terdahulu sebagai referensi dan bahan penelitian. Selanjutnya penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai manfaat dan sistem penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran dan evaluasi siswa yang kreatif dan inovatif. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Kahoot, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019).

Pemanfaatan Media Berbasis Ict

“Kahoot” Dalam Pembelajaran Ppkn

Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian

Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 6(2),

–216.

https://doi.org/10.36706/jbti.v6i2.10118

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan motivasi

belajar siswa dengan media

pembelajaran interaktif game kahoot

berbasis hypermedia. Meningkatkan

motivasi belajar siswa dengan media

pembelajaran interaktif game kahoot

berbasis hypermedia, 1(1), 78–85.

https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn

pep2019/article/view/5631

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., &

Heru, K. (2020). Transformasi Media

Pembelajaran Pada Masa Pandemi

Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan,

(1), 65–70.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Irwan. (2019). IMPLEMENTASI KAHOOT!

SEBAGAI INOVASI

PEMBELAJARAN. Journal of Civic

Education.

Kelas, M., & Sdi, D. (2022). Arus Jurnal

Pendidikan ( AJUP ) Pemanfaatan

Aplikasi Kahoot Sebagai Media

Pembelajaran. 2.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi

Kahoot sebagai Media Pembelajaran

Bahasa Indonesia. prosiding Seminar

Nasional Bahasa Dan Sastra, 0(0), 99–

https://semcon.unib.ac.id/index.php/semi

ba/Semiba/schedConf/presentations

Nasution, W. H. R. (2019). Pemanfaatan Media

Kahoot dalam pembelajaran IPA Pada

Sekolah Dasar Di Era Revolusi 4.0.

Prosiding Seminar Nasional Fakultas

Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan,

, 894–898.

http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020).

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA

MATA PELAJARAN SISTEM

KOMPUTER DI SMK. Informatika, 8(1),

–44.

http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/informati

ka/article/view/1532

Nurfadihillah, S. (2021). MEDIA

PEMBELAJARAN Pengertian Media

Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat,

Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara

Penggunaan Kedudukan Media

Pembelajaran.

Nurfadila, Usman, M., & Achmad, A. K.

(2022). Penerapan Kahoot dalam

peningkatan kosakata Bahasa Mandarin

Siswa Kelas X SMA Celebes Global

School. Journal of Foreign Language

Studies, Linguistics, Education,

Literatures, and Cultures, 1(2), 137–145.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi e-learning

berbasis virtual class dengan google

classroom sebagai media pembelajaran

Fisika. Journal walisongo.

Oka, G. P. A. (2021). Media dan Multimedia

pembelajaran. Pascal Books.

Rizkasari, E. (2022). Analisis Peran Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Kahoot!

Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4, 591–

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S.

N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game

Edukasi Kahoot! dalam Menunjang

Pembelajaran Matematika. Wahana

Matematika dan Sains: Jurnal

Matematika, Sains, dan Pembelajarannya,

(1), 46–57.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/J

PM/article/view/29851

Sumarso. (2019). Pembimbingan Guru

Membuat Kuis Online Kahoot ! dengan

Combro. CV BUDI UTAMA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.