PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT

Rila Marinda, Maria Santy, Sabilla Rosyadah, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan seorang pendidik dalam keadaan sadar untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas dan berkarakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah bagaimana guru dalam penggunaan media youtube dalam pembelajaran matematika di SDN 09 Kapuk. Jenis penelitian ini menggunakan deskripsif kualitatif. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, langkah-langkah guru dalam penggunaan media youtube dalam pembelajaran Matematika di SDN Kapuk 09 Kapuk. Bahwasannya pada pembelajaran matematika para siswa kurang menyukainya, karena mereka berpendapat matematika sulit, ditambah karena masa pandemi saat itu mereka belajar dirumah. Ketika masuk sekolah lagi mereka kurang beradaptasi terhadap proses belajar mengajar. Setelah melihat dan mengamati fenomena atau permasalahan tersebut, guru tersebut mencari solusi untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa yaitu dengan menggunakan media youtube dalam menunjang pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu, Langkah-langkah guru dalam penggunaan media pembelajaran youtube dalam pembelajaran Matematika di SDN Kapuk 09 Kapuk. Diterapkan dengan baik serta sudah mengacu pada RPP yang digunakan oleh guru dengan pendekatan kontruktivisme. Melalui 3 tahapan yaitu pendahuluan, inti dan penutup, penggunaan youtube semakin membuat siswa antusias dalam belajar Matematika, karena dalam video pembelajaran dari youtube yang disajikan menarik. Kata Kunci : Media Youtube, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media

Pembelajaran Berbasi Audio Visual

Terhadap Peningkatan Hasil Belajar

Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1),

–113.

https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Manurung, A. S. (2020). Pengaruh Konsep Diri

Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas Iv Sdn Kenari 07 Pagi Jakarta.

Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2),

–57.

https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/

EDU/article/view/3102

Manurung, A. S., & Halim, A. (2021). Pengaruh

Model Pembelajaran PAKEM Terhadap

Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas

V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta.

Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 93–

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.ph

p/Faktor/article/view/8638/3797

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A.

(2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir

Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar

Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 4(4), 1274–1290.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.54

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube

Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan

Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal

Komunikasi Hasil Pemikiran Dan

Penelitian, 5(1), 135–159.

https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/ar

ticle/view/588/566

Mulyadi, Fahreza, F., & Julianda, R. (2018).

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO

VISUAL UNTUK MENINGKATKAN

PRESTASI BELAJAR PADA

PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS

V SDN LANGUNG. Jurnal Visipena,

(1), 131–146.

https://www.fairportlibrary.org/images/fil

es/RenovationProject/Concept_cost_estim

ate_accepted_031914.pdf

Puspitawati. (2021). Penggunaan Youtube

Sebagai Salah Satu Alternatif Media

Pembelajaran Daringg Bahasa Indonesia.

Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Bahasa, 10(2), 151–162.

https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/

jurnal_bahasa/article/view/752/587

Rahayu dan Susanto, R. (2018). Pengaruh

Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan

Manajemen Kelas Terhadap Perilaku

Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Penddikan

Dasar Perkhasa, 4(2), 220–229.

http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/inde

x.php/JPDP/article/view/178

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa

Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh.

Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–

https://stp-mataram.ejournal.id/JIP/article/download/496/421


Refbacks

  • There are currently no refbacks.