ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Adhulhadi Adhulhadi, Fatima Aisyah Dahana Putri, Maretia Elsa, Khaola Rachma Adzima

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguasai permasalahan yang dihadapi peserta didik dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini membahas mengenai analisis penggunaan media pembelajaran yang berfungsi pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematik. Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga makna yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Terdapat beberapa jenis media pembelajaran yaitu media audio, media visual, dan media audio visual. Dan pada penelitian ini menggunakan media audio visual yang diharapkan dengan penerapan media audio visual tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Matematika. Media pembelajaran berfungsi sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa untuk memperoleh pesan dan informasi yang diberikan oleh guru sehingga materi pembelajaran dapat lebih meningkat dan membentuk pengetahuan bagi siswa. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran diharapkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran matematika. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan bahwa penggunaan media audio visual pada pembelajaran matematika dapat membantu peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Kata kunci: Media Audio Visual, Matematika

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al, M. I., & Sepatan, H. (2021).

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO

VISUAL PADA PEMBELAJARAN

MATEMATIKA DI KELAS 1. 3(April),

–165.

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Audio

Visual Dalam Peroses Pembelajaran,.

Jurnal Pendidikan Islam, 7((2)), 171–182.

Fatayan, A., Zulherman, Z., & Triannisa, S. W.

(2022). Pengembangan Media Visual

Flashcard Berbasis Adobe Premiere Di

Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1),

–39.

https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2518

Fauziah, R., & Puspitasari, N. (2022). Kesulitan

Belajar Matematika Siswa SMA pada

Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri di

Kampung Pasanggrahan. Plusminus:

Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 325–

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.18

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F.

(2022). Pengembangan Media

Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi

Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar

Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal

Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63.

https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Kelas, S., Pakujajar, S. D. N., Patimah, S.,

Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2020).

ANALISIS AKTIVITAS PEMBELAJARAN

MATEMATIKA PADA MATERI

PECAHAN CAMPURAN BERBASIS

DARING ( MELALUI APLIKASI

WHATSAPP ) DI MASA PANDEMI

COVID-19 PADA. 5.

Khasanudin, M., Cholid, N., Indiyarti Putri, L.,

& Universitas Wahid Hasyim, P. (2020).

Creative of Learning Students Elementary

Education PENGEMBANGAN MEDIA

AUDIO VISUAL BERBASIS

ANIMATION DALAM

PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MATERI BANGUN RUANG UNTUK

KELAS V SD/MI. Journal of Elementary

Education, 03(05), 5.

Nurfadhillah, S., Unzhilaika, U., Rachma, S. N.,

& Nazifah, I. (2021). Pengembangan

Media Audio-Visual Berbasis Powerpoint

(Ppt) Matematika Kelas Vi Di Sdn

Kampung Bambu 1. PENSA : Jurnal

Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 226–

https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pens

a

Wahab, A. (2022). Penerapan Model Kooperatif

Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan

Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika AlQalasadi, 10(1), 81–88.

https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.3718


Refbacks

  • There are currently no refbacks.