PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING DI ERA PANDEMI COVID-19

Aulida Nurfikriyah Suhaemi, Dian Laurenza, Farahiyah Badzlina Pandu, Davina Putty Abhista

Abstract


The role of teachers in improving the quality of education. Especially in providing motivation to students so that they can achieve the goals of learning. The role of teachers in increasing student motivation to learn is one of the activities that must be in learning activities, especially during the Covid-19 pandemic. Teachers are required to show competence in guiding students and must be creative to arouse student motivation in bold learning. Motivation is needed to foster students' enthusiasm for learning to obtain optimal learning outcomes and even in the midst of limitations due to the Covid-19 pandemic. The purpose of this study is a descriptive analysis of the teacher's role in increasing student motivation in online learning. The method used in this research is generally literature method with the nature of research descriptive analysis. Data collection was carried out by means of literature review. The results showed that the Covid-19 pandemic did not reduce students' enthusiasm to keep learning. This spirit cannot be separated from the role of the teacher in motivating students in this bold learning.

Keywords: Teacher’s Role, learning motivation, online learning

 

Guru berperan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Terutama dalam memberikan motivasi kepada siswa sehingga dapat tercapai tujuan dari pembelajaran. Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu kegiatan yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran, apalagi pada masa pandemi covid-19 ini. Guru dituntut untuk menunjukkan kompetensinya dalam membimbing siswa dan harus kreatif untuk membangkitkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. Motivasi diperlukan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang optimal dan bermakna walaupun di tengah keterbatasan karena pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini merupakan analisis deskriptif mengenai peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini secara umum adalah metode literatur dengan sifat penelitian yaitu analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi covid-19 tidak menurunkan semangat siswa untuk tetap belajar. Semangat ini tidak lepas dari peran guru dalam memotivasi siswa pada pembelajaran daring tersebut.

Kata kunci: Peran guru, motivasi belajar, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.

Novitasari, D., & Asbari, M. (2020). Peran Kesiapan untuk Berubah terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 219-237.

Sukitman, T., Yazid, A., & Mas' odi, M. (2020, September). Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal pendidikan profesi guru, 1(1), 51-65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.