PERSEPSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ATAU REPLIKA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI DI SDN KEBON JERUK 04 JAKARTA

Rani Mahareka, Harlinda Syofyan, Angela Sherly Wulandari, Enjel Bernadhta Munte

Abstract


alam proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung, rasa jenuh ataupun bosan sering menghampiri siswa-siswi sehingga proses pembelajaran menjadi terhambat. Media Gambar atau Replika seperti alat peraga merupakan cara penyajian bahan pelajaran dengan memperagakan atau menunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang dipelajari baik yang sebenarnya ataupun tiruan yang disertai penjelasan secara lisan. Dalam proses pembelajaran jenuh dan bosan sering menghampiri siswa-siswi sehingga proses pembelajaran menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripkan proses pembelajaran, penggunaan media gambar, persepsi guru terhadap penggunaan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan triangulasi. Kata Kunci : Media gambar atau replika , IPA

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. e. (2015). PENGARUH

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR

TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR

SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

MATERI BUMI DAN CUACA DI

MADRASAH IBTIDAIYAH

NAJAHIYAH PALEMBANG. 94.

Luthfiyah, R. M. (2020). Meta-Analisis

Pengaruh Model Pembelajaran teams

Games Tournament Terhadap Hasil

Belajar Di Sekolah Dasar. School

Education Journal.

Manurung, A. S. (2017). Pelatihan Aritmatika

Bagi Ibu-Ibu (Orang Tua Siswa) Di

Yayasan Perguruan Birrul Waalidain Desa

Semplak Bogor. Jurnal Abdimas, 3 (2),

-18.

Matondang, S. P. (2021). Upaya Guru

Meningkatkan Minat Belajar IPA Dengan

Menggunakan Media Gambar Pada Siswa

Kelas V SD Negeri 200303

Bargottopong Kota Padangsidimpuan.

Undergraduate thesis.

Munadi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta:

Sinar garfika.

Purwanto, A. (2022). KONSEP DASAR

PENELITIAN KUALITATIF: TEORI DAN

CONTOH PRAKTIS. Lombok Tengah,

NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan

dan Penelitian Indonesia.

Ratnawati Susanto, H. S. (2021). Pemberdayaan

Keterampilan Model Komunikasi

Instruksional Guru SD. INTERNATIONAL

JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE

LEARNING, 84.

Syofyan, H. (2018). Pembelajaran Inovatif dan

Interaktif Dalam Pembelajaran IPA.

Media Pengabdian Masyarakat, 68.

Syofyan, H. (2019). Pengembangan Awal

Bahan Ajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dasar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.