PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA

Anggimara Adinda, Firda Fadiya Ilyas, Tiara Azzahra, Fernanda Putri Wulan

Abstract


Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perkembangan digitalisasi pada abad 21 menghendaki para tenaga pendidik agar dapat memanfaatkan penggunaan video pembelajaran guna menumbuhkan keaktifan siswa. Untuk menumbuhkan keaktifan siswa, maka dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas. Guru sudah seharusnya menjadi tempat utama bagi siswa untuk mendapatkan pengetahuan barunya melalui perkembangan teknologi dan informasi saat ini. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak guru yang belum memaksimalkan pemanfaatan video pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam penggunaan video pembelajaran untuk menumbuhkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Sukasari 7 pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Pada kegiatan observasi ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan melalui pengamatan di dalam kelas IV memperoleh informasi bahwasannya siswa di kelas menunjukkan kegiatan pembelajaran yang aktif dan kondusif. Diharapkan artikel ini dapat menginspirasi setiap guru untuk dapat berperan aktif menjadi sebagai fasilitator dalam menyediakan media pembelajaran terbaik untuk membantu siswa sekolah dasar dalam menumbuhkan keaktifan siswa di kelas. Kata Kunci: Peran Guru, Video Pembelajaran, dan Keaktifan Siswa.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pusaka

Aini, Putri Amanda. Analisis Keaktifan Belajar

Siswa TK Islam Gunung Jati Dalam

Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan

Video Pembelajaran. BS thesis. Jakarta:

FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.

Fitrianingsih, Nur, et al. "Pengembangan Media

Video Pembelajaran Berbasis AVS Video

Editor pada Mata Pelajaran IPA."

JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12.1

(2022): 85-90.

Kumalasari, Retno Ayu Diah, and Mukti

Sintawati. "Pentingnya Peran Guru dalam

Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa

SD Muhammadiyah Karangkajen 2 di Era

Pandemi." Prosiding Seminar Nasional

Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan

Lapangan Persekolahan. Vol. 2. No. 1.

Lusiana, Ike, Mahluddin Mahluddin, and

Nasyariah Siregar. Implementasi Strategi

Pembelajaran Aktif Dalam Pembelajaran

Tematik Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

Swasta Nurul Yaqin Simpang Sungai

Duren Muaro Jambi. Diss. UIN Sulthan

Thaha Saifuddin Jambi, 2020.

Maharani, Hena. Pengaruh Penggunaan Metode

Video Critic Terhadap Keaktifan Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran PAI (Studi

Eksperimen di Kelas VIII SMP N 1

Cinangka). Diss. UIN SMH BANTEN,

Oktoria, Angel. Peran guru sebagai penuntun

dalam mendukung keaktifan belajar siswa

pada pembelajaran jarak jauh. Diss.

Universitas Pelita Harapan, 2020.

Prijanto, Jossapat Hendra, and Firelia de Kock.

"Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan

Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan

Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran

Online." Scholaria: Jurnal Pendidikan

Dan Kebudayaan 11.3 (2021): 238-2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.