PENERAPAN MEDIA NYATA UNTUK MENGATASI KESALAHAN KONSEP IPA PADA MATERI GAYA DALAM AIR DI KELAS IV SDN 05 PAGI
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2015).
Pembelajaran Literasi: Strategi
Meningkatkan Kemampuan Literasi
Matematika, Sains, Membaca dan
Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Alfira, Alyannida, & Syofyan, H. (2018).
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe teams games tournament (TGT)
Terhadap Hasil Belajar IPA Daur
Kehidupan Hewan Siswa SD
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azzarkasyi, M., Halim, A., & Ilyas, S. (2015).
Dampak Penggunaan Media Simulasi
PhET untuk Meminimalkan Kuantitas
Miskonsepsi Siswa pada Pembelajaran
Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Sains
Indonesia, 3(1), 107–113.
Haris, V. (2012). Identifikasi Miskonsepsi
Materi Mekanika dengan Menggunakan
CRI (Certainty of Response Index).
Ta’dib, 16(1), 77–86.
https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.240
Ifegbo, P. C. (2012). Strategies for Developing
Learning Skills in Primary Science in
Nigeria Schools. Journal of Educational
and Social Research, 2(8), 71.
https://doi.org/10.5901/jesr.2012.v2n8p71
Neta, C., Sahala, S., & Haratua, T. M. S. (2013).
Miskonsepsi Siswa Kelas Rangkap SDN
Sekadau pada Materi Sifat dan
Perubahan Wujud Benda. JPPK: Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(10), 1–
https://doi.org/10.26418/jppk.v2i10.3725
Nurlailiyah, S., Winarto, H., & Sugiyanto.
(2014). Pengembangan Media
Pembelajaran Berbantuan Komputer
dengan Pendekatan Saintifik (Scientific
Approach) pada Pokok Bahasan Fluida
Statis untuk SMA. Jurnal Online
Universitas Negeri Malang, 2(1), 1–9.
Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2012). Metode
Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi.
Jakarta: Rajawali Press.
Pratiwi, A., & Wasis. (2013). Pembelajaran
dengan Praktikum Sederhana untuk
Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada
Materi Fluida Statis di Kelas XI SMA
Negeri 2 Tuban. IPF: Inovasi Pendidikan
Fisika, 2(3), 117–120.
https://doi.org/10.26740/ipf.v2n3.p%25p
Purba, J. P. (2012). Pemecahan Masalah dan
Penggunaan Strategi Pemecahan Masalah.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, pp. 1–
Artikel P.J. Purba.
Qusthalani, Q., Halim, A., & Khaldun, I.
(2015). Dampak Penggunaan Metode
Pembelajaran Kerja Laboratorium
terhadap Pengurangan Miskonsepsi pada
Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan
Sains Indonesia, 3(1), 150–157.
Saputra, H., Halim, A., & Khaldun, I. (2013).
Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa
melalui Model Pembelajaran Children
Learning in Science (CLIS) Berbasis
Simulasi Komputer pada Pokok Bahasan
Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Sains
Indonesia, 1(1), 12–21.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018).
Pengembangan Modul Fisika Berbasis
Scientific Approach untuk Meningkatkan
Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal
Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK),
(2), 75–88.
https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i2.2535
Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan
Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta:
Grasindo.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan
Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta:
Grasindo.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sutrisno, L., Kresnadi, H., & Kartono. (2007).
Pengembangan Pembelajaran IPA SD.
Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Swandi, A., Hidayah, S. N., & Irsan, L. J.
(2014). Pengembangan Media
Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk
Mengatasi Miskonsepsi pada Materi
Fisika Inti di SMAN 1 Binamu,
Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia,
(52), 20–24.
https://doi.org/10.22146/jfi.24399
Syahrul, D. A., & Setyarsih, W. (2015).
Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab
Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier
Diagnostic Test pada Materi Dinamika
Rotasi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika,
(3), 67–70.
https://doi.org/10.26740/ipf.v4n3.p%25p
Syofyan, H., Susanto, R., Alam, M. B., Ratih,
R., Novayulianti, R., Lestari, T., …
Haikal, F. (2022). Pelatihan Multimedia
dalam Menunjang Pembelajaran Daring.
International Journal of Community
Service Learning, 5(4), 273–281.
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361
Syofyan, H, MS, Zulela, & Sumantri, M. Syarif.
(2019). Pengembangan Awal Bahan Ajar
IPA Di Sekolah Dasar.
Syofyan, H, Vebryanti, & Rahmania, Yeni.
(2020). Pendekatan Keterampilan Proses
Dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa
PGSD.
Utami, R., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2014).
Remediasi Miskonsepsi pada Fluida Statis
melalui Model Pembelajaran TGT
Berbantuan Mind Mapping di SMA.
JPPK: Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran, 3(12), 1–12.
https://doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8181
Zukhruf, K. D., Khaldun, I., & Ilyas, S. (2016).
Remediasi Miskonsepsi dengan
Menggunakan Media Pembelajaran
Interaktif pada Materi Fluida Statis. JPSI:
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1),
–68
Refbacks
- There are currently no refbacks.