EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIS MUHAMMADUDDARAIN

Miftania Latif Putri, Putri Vickie Antika, Azhari Muzakkir Natonis, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap semua bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Adanya pandemic Covid-19 ini membuat pemerintah megeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran daring menjadi salah satu solusi bagi permasalahan tersebut. Mengukur sejauh mana efektivitas pembelajaran daring adalah masalah yang menjadi tujuan dilakukanya penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang dilakukan adalah wawancara, dengan perspektif sebuah sekolah untuk mengukur efektivitas pembelajaran daring berlangsung. Kemudian dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini, terdapat penurunan nilai yang tidak menurun secara drastis dalam pelaksanaan pembelajaran daring di MIS Muhammaduddarain Kelas V. Pembelajaran tatap maya yang belangsung 2-3x mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa penurunan sebesar 1,9 %. Dengan demikian, pembelajaran daring membantu siswa melakukan pelaksanaan pembelajaran cukup efektif, mengenai turunnya nilai tidak semua dipengaruhi atas perubahan sistem pembelajaran. Kurangnya kontrol dalam melakukan pembelajaran daring dapat mempengaruhi hasil belajar. Faktor penyerapan materi yang dipahami berbeda dengan jika dilakukan tatap muka. Tidak semua siswa mampu melakukan tatap maya dengan efektif, memperhatikan, menyimak, dan mencatat pembelajaran ketika pertemuan tatap maya berlangsung. Kata Kunci : Efektivitas, Hasil Belajar,Pembelajara

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Almelial, CintyAlmelial, C., & Malnurung, Al. S.

(2022). (2022). Pengalruh Medial

Pembelaljalraln Aludiovisual Powtoon

terhaldalp Motivalsi Belaljalr Siswal paldal

Pelaljalraln Maltemaltikal di Sekolalh Dalsalr.

Edukaltif : Jurnal Ilmu Pendidikaln, 4(3),

–4355.

https://doi.org/10.31004/edukaltif.v4i3.2848

Alprilialnal, S. M., & Sukmalwalti, W. (2021).

Efektivitals Pembelaljalraln Dalring Paldal

Minalt Belaljalr Siswal Maltal Pelaljalraln IPAl

Di Kelals II SDN Lumpalng 01. Elementalry

School: Jurnal Pendidikaln Daln

Pembelaljalraln Ke-SD-Aln, 8(2), 329–335.

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504

Alyalti, N., & Ismalwalti, P. (2010). Efektivitals

Pembelaljalraln Dalring Terhaldalp

Perkembalngaln.

Dialnis Salfitri, Al. S. M. (2021). MAlHAlSISWAl

MELAlLUI PEMBELAlJAlRAlN

COOPERAlTIVE LEAlRNING

MAlTAlKULIAlH MIPAl DI UNIVERSITAlS

ESAl UNGGUL Pendalhulualn.Ekalntini, Al.,

Sunaln, U., Yogyalkalrtal, K., & Halyalti, N. (2020).

Efektivitals Pembelaljalraln Dalring paldal

Maltal Pelaljalraln IPAl di Malsal Palndemi

Covid-19: Studi Kompalralsi Pembelaljalraln

Luring daln Dalring paldal Maltal Pelaljalraln

IPAl SMP. E-Lealrning Yalng Efektif. Bali:

Jurusaln Ilmu Pendidikaln …, 5(2), 187–194.

Elisal, R. S., Sutisnalwalti, Al., & Nuralsialh, I. (2020).

Jurnal persedal. Jurnal Persaldal, III(3), 115–

Malnurung, Al. S. (2022). Educaltional Quality

Improvement Through Tealchers ’ Social

Competence in the New Normal Eral

Albstralk. 3(2), 106–112.

Malulalnal, M. Al. (2021). Efektivitals Pembelaljalraln

Dalring Terhaldalp Halsil Belaljalr Biologi

Paldal Konsep Biodiversitals Di Kelals X Ipal

Mal Muhalmmaldiyalh Salalkal Kalbupalten

Talkalalr. Jurnal Riset Daln Inovalsi

Pembelaljalraln, 1(1), 85–95.

https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22

Nugroho, O. F. (2018). Efektivitals Pembelaljalraln

IPAl Menggunalkaln Petal Konsep Sebalgali

Consolidaltion Phalse Berbalsis STAlD

Terhaldalp Krealtivitals Siswal Dalalm Malteri

Polusi Lingkungaln. Jurnal Eduscience,

(2), 72.

Paltricial, C. O. S. (2021). No EFEKTIVITAlS

PEMBELAlJAlRAlN ONLINE (DAlRING)

DAlLAlM MENINGKAlTKAlN HAlSIL

BELAlJAlR PESERTAl DIDIK PAlDAl MAlTAl

PELAlJAlRAlN FIQIH KELAlS X MIAl DI

MAlN 1 TAlNGGAlMUS. 3(2), 6.

Putri, Al. Al., & Malnurung, Al. S. (2020). Peneralpaln

Pendidikaln Maltemaltikal Realistik Indonesial

(PMRI) untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr

Maltemaltikal Malteri Pecalhaln Senilali paldal

Siswal Kelals IV SDN Jelalmbalr Balru 01.

Jurnal Persaldal, 3(3), 158–166.

Setialwaln, Al. P., Malsruri, L., Tralstialningrum, S. Al.

P., & Purwalndalri, E. (2021). Metode

Pembelaljalraln Dalring Alkibalt Covid-19:

Perspektif Pelaljalr Daln Malhalsiswal.

Proyeksi, 16(1), 83.

https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91


Refbacks

  • There are currently no refbacks.