STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PUISI DI KELAS 4 SDN 05 PENGGILINGAN JAKARTA

Aruniqisti Aruniqisti, Choirun Nisya, Sri Sundari, Khusnul Fatonah

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD) bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan, secara baik dan benar serta mampu menumbuhkan apresiasi terhadap karya sastra Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi guru dalam pembelajaran puisi di kelas 4 SDN 05 SDN Penggilingan Jakarta. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, verifikasi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menjelaskan beberapa strategi guru dalam pembelajaran puisi di kelas 4, di antaranya menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran inquiry. Selain itu, guru juga menggunakan metode yang dikombinasikan dengan media pembelajaran. Contoh media pembelajaran yang digunakan guru berasal dari alam atau lingkungan sekitar siswa untuk selanjutnya dikaitkan dengan pembelajaran puisi. Strategistrategi tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran puisi, mengembangkan imajinasi siswa, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap sastra Indonesia. Kata kunci : Strategi guru, Pembelajaran Puisi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Affandi, H. (2017). Tanggung jawab negara

dalam pemenuhan hak atas pendidikan

menurut undang-undang dasar tahun

Jurnal Hukum Positum, 1(2), 218-

https://www.researchgate.net/profile/Hern

adiAffandi/publication/340460944_Tanggun

g_Jawab_Negara_dalam_Pemenuhan_Ha

k_atas_Pendidikan_menurut_Undangundang_Dasar_Tahun1945/links/5e8b41b

e92851c2f5284e100/Tanggung-JawabNegara-dalam-Pemenuhan-Hak-atasPendidikan-menurut-Undang-undangDasar-Tahun1945.pdf

Budiastuti, W. (2014). Peningkatan Motivasi

Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan

Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada

Siswa Sekolah Dasar. BASASTRA, 1(3).

https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs

_indonesia/article/view/4054/2852

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis Puisi

Dengan Teknik Pembelajaran Yang

Kreatif. BELAJAR BAHASA: Jurnal

Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa

http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php

/BB/index

Farhurohman, O. (2017). Implementasi

pembelajaran bahasa indonesia di SD/MI.

Primary: Jurnal Keilmuan dan

Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.

https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/pri

mary/article/view/412

Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan Kontekstual

Dalam Pembelajaran. INSANIA: Jurnal

Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).

https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/in

sania/article/view/1500

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi belajar

mengajar. Deepublish.

Lestari, D., & Fatonah, K. (2021). Pemanfaatan

Media Podcast dalam Pembelajaran

Menyimak bagi Siswa Kelas IV di SDN

Kebon Jeruk 06 Jakarta Barat. In Seminar

Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi

Disiplin (Vol. 4). 178-274-1-SM (1).pdf

Oktaviana, E., Yudha, C. B., & Ulfa, M. (2019).

Upaya meningkatkan kemampuan menulis

puisi dengan menggunakan metode

picture and picture di kelas IV SDN

Kalisari 03 Jakarta Timur. Simposium

Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 1.

https://jurnal.umt.ac.id/index.php/senamu/

article/view/2126

Tiarina, Y. (2012). Pengajaran puisi dengan

metode discovery-inquiry. Komposisi:

Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan

Seni,

(2).http://ejournal.unp.ac.id/index.php/k

omposisi/article/view/61/41

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A.

(2019). Efektivitas model pembelajaran

inquiry terhadap kemampuan berpikir

kreatif siswa pada materi teorema

pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal

Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

https://www.jcup.org/index.php/cendekia/article/view/9

Farhurohman, O. (2017). Implementasi

pembelajaran bahasa indonesia di SD/MI.

Primary: Jurnal Keilmuan dan

Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.

https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/pri

mary/article/view/412

dan Sastra Indonesia, 1(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.