STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PUISI DI KELAS 5 SD TUNAS MUDA IKKT JAKARTA

Yemima Sonia K.S., Nabila Yulia Putri, Khusnul Fatonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran puisi di kelas 5 SD Tunas Muda IKKT. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, verifikasi, penyajian, dan penyimpulan. Responden dalam penelitian ini adalah guru kelas 5 SD Tunas Muda IKKT. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam pembelajaran puisi mencakup metode, media, sumber belajar, teknik, dan evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran puisi yang dilakukan guru adalah ceramah dan demonstrasi. Media pembelajaran yang digunakan antara lain media audio dan media audio visual. Guru masih mengacu pada sumber belajar berupa buku modul bahasa Indonesia kelas 5. Agar pembelajaran bervariasi, guru menggunakan beberapa teknik pembelajaran, seperti mencontohkan cara menulis dan membaca puisi dengan baik dan benar secara mandiri atau menggunakan video pembelajaran puisi. Sebagai bentuk evaluasi, guru membuat kelas tambahan jika ada siswa yang belum memahami materi. Strategi-strategi tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan pengetahuan siswa dalam pembelajaran puisi. Kata kunci: Strategi guru, pembelajaran puisi, kelas 5 SD

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amaliah, Raden Rizky, Abdul Fadhil, dan sari

Narulita. 2014. “Penerapan Metode

Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan

Hasil Belajar.

Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar

terhadap Pembelajaran Menulis Puisi

Peserta Didik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(1), 193–205

KBBI. (2016). KBBI - Kamus Besar

Bahasa Indonesia (dalam jaringan).

Marzuki Saria. Gramatika STKIP PGRI

Sumatera Barat, 2(1), 11– 24.

https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1 396

Minsih.2018.Peran Guru dalam Pengelolaan

Kelas. Universitas Muhammadiyah

Surakarta PAI Di SMA Negeri 44 Jakarta”.

Jurnal Studi Al-Qur’an, volume (10),

nomor (2).

Laila, A. (2016). Citraan Dalam Kumpulan

Puisi Mangkutak Di Negeri Prosaliris

Karya Rusli Marzuki Saria. Gramatika

STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 11– 24.

https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1 396

Purnomo, P.I.D., Aprilia, R., Fatonah, K.

(2021). Karakteristik Puisi Sisswa Kelas 4

DI SDN Kebon JERUK 06 Jakarta.

Universitas Esa Unggul, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.