PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS TINGGI SDN SLIPI 01 PAGI JAKARTA

Nadia Cantika Hisani, Khusnul Fatonah, Clarita Angelina

Abstract


Pembelajaran sastra di sekolah dasar bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan berbahasa, meningkatkan pengetahuan, serta menguatkan karakter siswa menjadi lebih baik. Namun, guru memiliki kendala-kendala untuk mengoptimalkan pembelajaran sastra, khususnya di kelas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran sastra di kelas tinggi SDN Slipi 01 Pagi Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, verifikasi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat beberapa problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran sastra di kelas tinggi di antaranya kurangnya motivasi siswa untuk mengapresiasi karya sastra, terbatasnya buku-buku sastra di sekolah, dan kondisi perpustakaan yang belum mendukung karena baru selesai direnovasi. Selain itu, guru-guru juga masih mencari beragam strategi yang tepat untuk pembelajaran sastra di kelas tinggi, termasuk bentuk evaluasi pembelajarannya. Untuk meminimalisasi kendala-kendala tersebut, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, yakni sekolah, orang tua siswa, masyarakat, dan pemerintah. Ketersediaan buku-buku sastra yang memadai juga dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap sastra Indonesia. Kata Kunci: Problematika guru, pembelajaran sastra, SD kelas tinggi

Full Text:

PDF

References


Asa Malini , Tosiana (2012) Hubungan persepsi

Mahasiwa antara cara mengajar Dosen

dengan prestasi belajar Mahasiswa jurusan

Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa

dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. S1

thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ermawati, monika (2016) Analisis Nilai

Pendidikan Pada Novel Negeri Van Oranje

Karya Wahyuningrat Dkk. Other thesis, IKIP

PGRI Pontianak.

Setyaningsih, Nas Haryati. 2014. “Model

Kolaboratif Tipe Investigasi Kelompok

Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan

Apresiasi Prosa Mahasiswa”. Volume X No.

Halaman 49-56.

Naily Asna Fadlila, Cahyo Hasanudin (4 Juli

“Strategi Mengenalkan Karya Sastra

Indonesia Kepada Generasi”. Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI

Bojonegoro, Indonesia.

Riama (Juli 2020) “Pembelajaran Sastra Bahasa

Indonesia Di Sekolah”. Dosen IKIP Gunung

Sitoli.

Khusnul Fatonah (1 Agustus 2022) “Pencirian

Tokoh Utama Cerita Anak dan Relevansinya

Terhadap Pembelajaran Sastra di SD”.

Universitas Esa Unggul Vol 4, No 1.

El-Muhbib (1 Juni 2018) “Problematika

Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia di

sekolah Dasar”. Institut Agama Islam (IAI).

Vol 2, No 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.