PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS RENDAH SDN WIJAYA KUSUMA 02 PAGI JAKARTA

Anisa Fabiola Pangesti, Beatrice Isabela Simorangkir, Siti Aminah, Khusnul Fatonah

Abstract


Pembelajaran sastra di sekolah dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bersastra kepada siswa. Namun, dalam proses pembelajarannya, guru mengalami beberapa kendala, khususnya di kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru dalam pembelajaran sastra di kelas rendah SDN Wijaya Kusuma 02 Pagi Jakarta. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, verifikasi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat beberapa problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran sastra di kelas rendah, seperti kurangnya minat dan motivasi siswa untuk membaca karya sastra, kecenderungan siswa mengalami kesulitan dalam memahami istilah-istilah sastra yang ada di buku pelajaran, dan sulitnya menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap sastra Indonesia. Selain itu, guru kurang menguasai beragam metode dan media pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan sastra. Terbatasnya jumlah dan jenis-jenis buku sastra di sekolah juga membuat siswa kurang mengenal beragam karya sastra. Problematika tersebut perlu segera dicarikan solusinya agar pembelajaran sastra di kelas rendah dapat berjalan optimal. Kata kunci: Problematika guru, pembelajaran sastra, SD kelas rendah

Full Text:

PDF

References


Okta Viana. (2021, 19 Desember).

Problematika Pembelajaran Sastra di

Sekolah. Diperoleh 19 Desember 2021,

dari

mailto:https://digstraksi.com/problematika

-pembelajaran-sastra-di-sekolah/5/

idtesis.com. (2012, 04 Januari). Pengertian dan

Jenis Metode Deskriptif. Diperoleh 04

Januari 2012, dari

mailto:https://idtesis.com/metodedeskriptif/#:~:text=Menurut%20Sugiyono

%20%282005%3A%2021%29%20menya

takan%20bahwa%20metode%20deskriptif

,deskriptif%20adalah%20pencarian%20fa

kta%20dengan%20interpretasi%20yang%

tepat..

Masda, S,K. Okta, W. Dan Santhy, h. (2020,

Maret). Problematika dan Strategi Dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas

Rendah Sekolah Dasar. Dipeoleh Maret

, dari

mailto:https://www.jendelasastra.com/wa

wasanartikel/problematika-pengajaransastra-di-sek


Refbacks

  • There are currently no refbacks.