PERAN MAHASISWA PPL DALAM PENGUATAN LITERASI BACA TULS DI KELAS TINGGI SDN KEBON JERUK 11 PAGI JAKARTA

Jihan Auliyawati, Pujiarti Pujiarti, Khusnul Fatonah

Abstract


Pembelajaran literasi baca tulis untuk siswa kelas tinggi masih membutuhkan perhatian. Dalam konteks ini, literasi tidak sekadar dapat membaca atau menulis, tetapi kemampuan memahami isi teks yang dibaca atau ditulisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran mahasiswa PPL Prodi PGSD Universitas Esa Unggul untuk memperkuat literasi baca tulis di kelas tinggi SDN Kebon Jeruk 11 Pagi Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, verifikasi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran mahasiswa PPL di antaranya membuat klinik literasi dan beberapa media pembelajaran literasi baca tulis untuk kelas tinggi. Klinik literasi bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam memahami sebuah informasi atau teks, sedangkan media pembelajaran yang bervariasi dapat dijadikan salah satu solusi dari kendala yang muncul sekaligus membuat siswa agar semangat berliterasi. Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan untuk sekolah dalam penguatan literasi baca tulis di sekolah dasar. Kata Kunci: Peran mahasiswa PPL, literasi baca tulis, kelas tinggi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Devianty, R., & Pd, M. (t.t.). MANFAAT

LITERASI UNTUK

MENINGKATKAN MUTU

PENDIDIKAN.

Fatonah, K., Lestari, S., & Saputra, D. S.

(2022). PKM Pendampingan Literasi

Kritis melalui Pemanfaatan Teknologi

dan Informasi Digital bagi Siswa di

SMK Farmasi Mandala Tiara Bangsa

Jakarta. Online) Prima Abdika: Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 2(4), 366–376.

https://doi.org/10.37478/abdika.v2i4.217

Muliani, A., Karimah2, M., Liana, M. A.,

Anodhea, S., Pramudita4, E., Riza5, M.

K., & Indramayu6, A. (t.t.). Pentingnya

Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di

Era Revolusi Industri 4.0 untuk

Kemajuan Indonesia. Dalam Journal of

Education and Technology.

http://jurnalilmiah.org/journal/index.php

/jet

Nainggolan, E., Yuni Artha, B., Susanti, S.,

Masyarakat, P., & Pendidikan, I. (2022).

PERANAN MAHASISWA

MENGIMPLEMTASIKAN LITERASI

BAHASA MELALUI PROGRAM

KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH

DASAR NEGERI 200207

PADANGSIDEMPUAN. 13(1), 130–

Pada, P., Pendidikan, D., & Pati, K.

(t.t.). GERAKAN LITERASI

SEKOLAH DASAR Mulyo Teguh.

Seran, A. L., Bima, V. D., Fernandes, C., Y

Thon, A. S., Seran, V. M., Cowang, R.

S., Nusin, J. A.,

Sanak, M. U., Oemata, N. D., Seran, D.

D., N Bureni, A. M., Faot, W., Winati,

H. R., Manikin,

M. C., Lanus, G. A., & Boy Baunsele,

A. (2022). PERANAN MAHASISWA

KKN DALAM PENGUATAN

LITERASI DI SDK YASWARI

BENLUTU. JIPkM, 2(2). Artu, N. (2016).

Upaya Meningkatkan Kemampuan

Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV

SDN Pembina Liang Melalui Penerapan

Strategi Survey Questions Reading

Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif

Tadulako, 2(2).Vol 2, No 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.