PERAN MAHASISWA PPL DALAM PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS BERBASIS TEKNOLOGI DI KELAS RENDAH SDN KEBON JERUK 06 JAKARTA

Berti Aprillia Fadilah, Isna Syafia, Vieri Cesar Citra Pratama

Abstract


Literasi berperan penting dalam mengembangkan proses berpikir siswa, menganalisis masalah, mengasah kreativitas, dan imajinasi, khususnya di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran mahasiswa PPL dalam pembelajaran baca tulis di kelas rendah SDN Kebon Jeruk 06 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian terdiri atas siswa kelas 1, 2, dan 3. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, verifikasi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mahasiswa PPL berperan dalam memberikan motivasi untuk siswa agar lebih giat dalam membaca dan menulis, membina siswa untuk mengenali buku bacaan yang tepat, serta memberikan pelayanan untuk melatih siswa menulis, misalnya membuat karya tulis. Selain itu, mahasiswa PPL juga memanfaatkan teknologi untuk mengajarkan literasi baca tulis. Upaya-upaya tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan literasi baca tulis di kelas rendah. Kata Kunci: Peran mahasiswa PPL, literasi baca tulis, SD kelas rendah

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan

Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan …,

, 810–817.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I.

(2022). Analisis Faktor Penyebab

Rendahnya Kemampuan Literasi BacaTulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal

Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–

https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Kharizmi, M. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah

Dasar Dalam Meningkatkan.

Ragam :Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3),

–108.

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca

Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah

Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra

Bakti, 8(1), 103–113.

https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021).

Problematika dan Solusi Program Literasi

Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD

Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi

Pendidikan, 6(2), 189–195.

https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Susani, R. G. (2017). Menumbuhkan

Keterampilan Literasi Baca Tulis Melalui

Membaca Ekstensif Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.

Journal of Chemical Information and

Modeling, 1–13.

Teori, K., Hasil, D., Pendidikan, P., Dasar, S.,

Dewi, I. A., Putu, I., Suardana, O.,

Numertayasa, W., & Artikel, R. (2021).

Jurnal Elementary PENGEMBANGAN

BAHAN BACAAN LITERASI KELAS

RENDAH DENGAN MEMANFAATKAN

CERITA FOLKLOR BALI INFO

ARTIKEL ABSTRAK. 4(1), 53–59.

http://journal.ummat.ac.id/index.php/elem

entary


Refbacks

  • There are currently no refbacks.