PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI DONGENG KANCIL DAN KURA-KURA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SD

Indri Meida Anjani, Regita Regita, Shaflyra Ramadhaniar Ardahlia, Ezik Firman Syah

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pembentukan karakter anak di usia dini karena karya sastra membicarakan tentang nilai-nilai kehidupan yang berkaitan langsung dengan pembentukan karakter anak. Pembentukan karakter anak dapat dilakukan di lingkungan sekolah, rumah atau keluarga. Strategi pembentukan karakter anak dilakukan dengan pemberian contoh, pembiasaan membaca dongeng, pembiasaan mendengarkan dongeng, dan penciptaan lingkungan baca yang mendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk pembentukan karakter anak dalam bersosialisasi di lingkungan manapun. Penelitian ini terdapat hasil pembahasan yang menunjukkan bahwa pembelajaran dongeng sangat membantu guru dalam menyampaikan pesan untuk pembentukan karakter siswa yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis mendongeng sangat penting digunakan guru sehingga dapat membentuk karakter siswa. Kata kunci: Dongeng, Karakter, Tujuan

Full Text:

PDF

References


Dftar Pustaka

Asnawi. 2016. Nilai Moral Dari Cerita Kancil

dan Kura-Kura .Tanggal Diakses Kamis

Oktober (Sumber Rujukan dari

Website)

Jurnal

Ernawati. (2017). Menumbuhkan Nilai

Pendidikan Karakter anak SD Melalui

Dongeng dalam pembelajaran Bahasa

Indonesia. Pendidikan dan

Pembelajaran Dasar, 120.

Hidayati, H. D. (2020). Fabel sebagai alternatif

pendidkan karakter dalam pembelajaran

sastra anak. Semianr Nasional Sastra

Anaka, 123.

Maria Santy, Syah E. F. (2022). Konflik Tokoh

Dalam Film KokI-Koki Cilik Karya

Veara Varidia sebagai Implikasi Bahan

Ajar di SD : Pendekatan psikologis.

Pendidikan dan pengembangan, 42.

Sri Adelia Arafiah, Syah E. F. (2021). Nilai

Moral pada Novel Perjuangan AINI

Karya Rasyid Akbar sebagai

Implementasi Bahan Ajar di SD.

Keguruan dan ilmu keguruan, 56.

Syah, E. F. (2022). Psikologi sastra dalam cerita

anak liburan seru di Desa Nenek Lulu

Karya Anee Rahman sebagai alternatif

Bahan Ajar sastra Di Sekolah Dasar.

Penelitian dan pengembangan

Pendidikan, 105.

Syah, E. F. (2020). Representasi Kerusakan

Lingkungan Pada Cerita Anak The Time

Travelling River Karya Parinita Shetty :

Kajian Ekokritik Sastra

Maryanti, Dewi, Syah E. F. (2021). Nilai - Nilai

Religius dalam Film Animasi Nussa dan

Rara sebagai Alternatif Media

Pembelajaran di SD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.