PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN SISWA MILLENNIUM SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI

Arynta Disastra, Wulandari Muharromah, Nadya Mulyana, Ezik Firman Syah

Abstract


Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang sekarang ini banyak digunakan oleh generasi Millennium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Tiktok untuk Media Pembelajaran siswa Millennium sebagai Bahan Ajar Teks Deskripsi. Teks deskripsi merupakan sebuah tulisan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penelitinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pada tahap analisis data meliputi beberapa sumber seperti buku, jurnal, dan artikel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tiktok merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh pada perkembangan bahasa. Tiktok dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pengaplikasiannya yang mudah dan fitur yang beragam, Maka dari itu, Tiktok bisa diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran interaktif dapat mewakili apa yang belum bisa disampaikan guru dan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi Tiktok, guru dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menarik perhatian peserta didik, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi dari peserta didik. Kata Kunci: Aplikasi Tiktok,Media Pembelajaran,Teks Deskripsi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Diyah, Roihatussa, dan Ezik Firman Syah.

“Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Powtoon dalam Materi

Membaca Dongeng di Kelas III SDN

Cijeruk Kabupaten Serang.” Innovative:

Journal Of Social Science Research 2(1):

–61.

Syah, Ezik Firman. 2022. “Merdeka Belajar dan

Belajar dengan Riang Gembira Sejak

Dini.” 01(01): 126–32.

Ramdani, Nurin Salma, Hafsah Nugraha, dan

Angga Hadiapurwa. 2021. “Potensi

Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai

Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran

Daring.” Akademika 10(02): 425–36.

Nurhasanah, Putri Salma, dan Triana Lestari.

“Pengaruh Aplikasi Tiktok terhadap

Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah

Dasar.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Dasar 8(2): 115–21

Syah, Ezik Firman, dan Khusnul Fatonah. 2021.

“Implementasi aplikasi schoology untuk

pembelajaran.” Prosiding Esa Unggul.

Umri, Cut Alfina, dan Syah Ezrik Firman. 2021.

“Nilai-Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat

Baturaden Pada Masyarakat Banyumas

Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di

Sekolah Dasar.” Jurnal Perseda 4(2): 93–

Firman Syah, Ezik. 2020. “the Effect of the Use

of Ueu E-Learning Media on the Skills

Writing Skills in the Four Semester for the

Eye Skills of Indonesian Language Skills

At Esa Unggul University.” Ijlecr -

International Journal of Language

Education and Culture Review 6(1): 31–

Aji, Dona, dan Karunia Putra. 2022. “Dosen

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan

Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah

Jakarta.” (3).

Nurhasanudin, Muhamad Rifki, dan Ezik

Firman Syah. 2022. “Pengaruh Media

Monopoli pada Karangan Deskripsi di

Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang.”

Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(3):

–39.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/i

ndex.php/jpdk/article/view/4769.

Nastiti, Vilda Gemi, dan Ezik Firman Syah.

“Psikologi Sastra dalam Cerita

Anak Liburan Seru di Desa Nenek Lulu

Karya Anee Rahman Sebagai Alternatif

Bahan Ajar Sastra di Sekolah Dasar.”

Jurnal Penelitian dan Pengembangan

Pendidikan 6(1): 104–10.

Dewanta, A. 2020. “Pemanfaatan aplikasi Tik

Tok sebagai media pembelajaran bahasa

Indonesia.” Jurnal pendidikan dan

Pembelajaran Bahasa 9(2): 79–85


Refbacks

  • There are currently no refbacks.