PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL

Annisa Dinda Hapsari, Nurul Hidayah, Wulandari Wulandari, Rima Nurrohmayani, Ezik Firmansyah

Abstract


Era digitalisasi telah membawa berbagai perubahan baik sebagai dampak positif yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Namun pada saat yang sama, era digitalisasi juga membawa banyak dampak negatif, sehingga menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia di era digitalisasi ini. Tantangan di era digitalisasi juga telah memasuki berbagai bidang, termasuk di bidang pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya Pendidikan karakter di sekolah bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai suatu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan cara menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian yang dapat berupa orang, lembaga, masyarakat dan lain-lain yang pada saat ini berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau asli. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya Pendidikan karakter di sekolah menghasilkan nilai positif, menjadikan siswa yg baik. Maka dapat disimpulkan bahwa program pendidikan karakter telah dimasukkan di sekolah selama beberapa dekade terakhir, beberapa di antaranya telah menghasilkan efek yang menggembirakan dalam mengurangi perilaku berisiko dan/atau meningkatkan kompetensi prososial. Kata kunci: Pendidikan, Karakter, dan Era digital

Full Text:

PDF

References


Apriani, Eka. (2016). A New Literacy: The role

of technology to develop student’s

character. Journal of Islamic Education.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2007). What

works in character education. Journal of

Research in Character Education, 5(1)

Brown, P., Corrigan, M. W., & HigginsD'Alessandro, A. (Eds.). (2012).

Handbook of prosocial education (Vol.

. Rowman & Littlefield.

Colby, A., James, J. B., & Hart, D. (Eds.).

(1998). Competence and character

through life. University of Chicago

Press. Coburn, 2003.

Ellectrananda Anugerah Ash-Shidiqqi,

Opportunities and Challenges of

Character Education in Distance

Learning Era, International Journal of

Economics and Management Systems,

Volume 6, 2021

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M.

Development of Confidence Character

Assessment Instruments in Junior High

School Mathematics Subjects. Journal of

Educational Research and Evaluation,

(1), 2017, pp. 63-70.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/

jere/article/view/16209

Gardere , Dr. Jeffery., Sharir , Dr. Dan.,

Maman, Dr. Yair. (2015). Technology

and Media for Character Development

and Career Readiness: The S.T.E.A.MBased A.C.H.I.E.V.E. Mode.

International Journal of Applied Science

and Technology. Vol. 5, No. 6, 1-6.

Marini, A. Managing School Based on

Character Building in The Context of

Religious School Culture (Case In

Indonesia). Journal of Social Studies

Education Research, 274-294, Vol. 9

No. 4, 2018.

Moyle, Kathryn. (2010). Building innovation:

Learning with technologies. Australian

Education Review, 56, 1-73.

Pala, A. (2011). The need for character

education. International Journal of

Social Sciences and Humanity Studies,

(2)

Park, N., & Peterson, C. (2009). Strengths of

character in schools. In Furlong, M. J.,

Gilman, R., & Huebner, E. S. (Eds.).

Handbook of positive psychology in

schools, Routledge, pp. 65-76.

Arafiah, S. A., Syah, E. F., Zamie, F. F., &

P.S4, A. D. Y. (2021). NILAI MORAL

PADA NOVEL PERJUANGAN AINI

KARYA RASYIDAKBARSEBAGAI

IMPLEMENTASI BAHAN AJAR DI SD.

Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh

Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon

dalam Materi Membaca Dongeng di Kelas

III SDN Cijeruk Kabupaten Serang.

Innovative: Journal Of Social Science

Research, 2(1), 447–461.

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.37

Nurhasanudin, M. R., & Syah, E. F. (2022).

Pengaruh Media Monopoli pada Karangan

Deskripsi di Kelas V SDN Cikupa 4

Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling, 4(3), 1230–1239.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/in

dex.php/jpdk/article/view/4769

Syah, E. F. (2018). Analisis paragraf pada

laporan perjalanan siswa kelas VIII SMPN

Kota Tangerang. Eduscience, 4(1), 9–

Vebryanti, V., & Syah, E. F. (2021). Tindak

Tutur Pada Penggunaan Aplikasi Zoom

Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kelas V Sd Hikari Tangerang Selatan.

JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal

Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(4), 306.

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v2i4.10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.