PENGGUNAAN METODE MATERNAL REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU DI SLB B-C ALFIANY

Aulida Nurfikriyah Suhaemi, Bella Satriya Surya Ananda Putri, Endah Juwandani

Abstract


Anak tunarungu cenderung memiliki kemampuan berbicara yang kurang karena keterbatasan yang dimilikinya sehingga mereka lebih sering menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Metode Maternal Reflektif (MMR) merupakan salah satu metode pengajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa khususnya berbicara pada anak tunarungu, sehingga anak tunarungu dapat berkomunikasi menggunakan bahasa lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penggunaan Metode Maternal Reflektif (MMR) dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak tunarungu di SLB B-C Alfiany. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Maternal Reflektif (MMR) dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunarungu. Metode Maternal Refleksi (MMR) yang digunakan di SLB B-C Alfiany meliputi tahapan sebagai berikut: (1) Percakapan dari hati ke hati (Perdati), (2) Percakapan membaca ideovisual (Percami), dan (3) Percakapan linguistik (Percali). Manfaat metode Maternal Reflektif (MMR) yaitu sebagai sarana maupun media untuk menyampaikan materi pelajaran, sebagai tujuan dari pengajaran itu sendiri dan sebagai sarana untuk anak belajar bersikap secara spontan, reaktif, dan empati terhadap orang lain. Kata Kunci: Metode Maternal Reflektif (MMR), Kemampuan Berbicara, Anak Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Anak, P., Di, T., & Bina, S. L. B. (2020).

Volume 2 0 Nomor 2, Desember 2020

EFEKTIVITAS METODE MATERNAL

REFLEKTIF (MMR) DALAM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN

MENYUSUN STRUKTUR KALIMAT

PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB

BINA NUSANTARA. 2, 89–96.

Anggraeni, L. A. V., Tirtayani, L. A., Psi, S.,

Psi, M., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh

Stimulasi Wicara Dalam Pembelajaran

Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak

Tunarungu Usia Dini Di TK Tunarungu

Sushrusa Denpasar Tahun Ajaran

/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini Undiksha, 7(2), 131-139.

Fia, A., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode

Maternal Reflektif (MMR) Sebagai Solusi

Kesulitan Membaca Anak Tunarungu.

MODELING: Jurnal Program Studi

PGMI, 7(1), 26–34.

Handayani, R. (2005). Pengaruh Keterlibatan

Orang Tua dalam Keberhasilan

Pelaksanaan Program Metode Maternal

Relektif (MMR). Osf.Io, 1–8.

https://osf.io/acqe5/download

Hasanah, L. (2021). PENGGUNAAN METODE

MATERNAL REFLEKTIF (MMR)

UNTUK MENINGKATKAN

K{Bibliography}EMAMPUAN

BERBICARA ANAK TUNARUNGU DI TK

SLB PANGUDI LUHUR, JAKARTA.

(1), 1–10.

Hernawati, T., Aprilia, I. D., & Gunawan, D.

(2020). Pengembangan Keterampilan

Berbahasa Lisan Pada Anak dengan

Hambatan Pendengaran melalui Program

Terpadu. Jurnal Penelitian Pendidikan,

(3), 360–369.

https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.30110

Irwanto, F., Iswari, M., & Efrina, E. (2018).

Efektivitas Metode Maternal Reflektif

dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Anak Tunarungu. Jurnal Pendidikan

Kebutuhan Khusus, 2(2), 25.

https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.140

Jayanti, T. K., & Purbaningrum, E. (2021).

PENGEMBANGAN PANDUAN

MENGENAL KETERAMPILAN

BERBAHASA ANAK TUNARUNGU

MENGGUNAKAN METODE

MATERNAL REFLEKTIF UNTUK

MENINGKATKAN KETERAMPILAN

BERBAHASA ANAK TUNARUNGU.

Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2).

Kemenkes RI. (2019). Infodatin: Disabilitas

Rungu. In Pusat Data dan Informasi

Kementrian Kesehatan RI (pp. 1–10).

https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/do

wnload/pusdatin/infodatin/infodatintunarungu-2019.pdf

Metode, P., Reflektif, M., Pembelajaran, D.,

Pada, B., Tunarungu, A., Kelas, D. I., &

Semarang, S. L. B. N. (2012). Penerapan

Metode Mathernal Reflektif Dalam

Pembelajaran Berbahasa Pada Anak

Tunarungu Di Kelas Persiapan Slb Negeri

Semarang. Indonesian Journal of Early

Childhood Education Studies, 1(2), 1–7.

Noermasari, Y. A., & Efendi. (2016). Efek

Metode Maternal Reflektif terhadap

Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu.

Ortopedagogia, 2(2), 82–85.

Syaputri, N. F. (2022). Penerapan Metode

Maternal Reflektif (Mmr) Dalam

Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Di

Kelas Dasar Ii Slb Pembina. 1–16.

http://eprints.unm.ac.id/22091/

Uliyah, F. (2018). Studi Diskriptif Pelaksanaan

Metode Maternal Reflektif Pada

Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu

Di Kelas Persiapan Tklb-B Pertiwi Kota

Mojokerto. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–

Zulmiyetri, Z. (2017). Metoda Maternal

Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan

Kemampuan Bahasa Lisan Anak

Tunarungu. Jurnal Konseling Dan

Pendidikan, 5(2), 62–67.

https://doi.org/10.29210/117500


Refbacks

  • There are currently no refbacks.