PENGARUH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP MENTAL PESERTA DIDIK

Dewantri Sinaga, Harlinda Syofyan, Elvaza Rahmadan, Realita Day Sitanggang

Abstract


andemi covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap dunia Pendidikan. Belajar dari rumah (BDR) menjadi pilihan yang tidak dapat dihindari mulai dari jenjang Pendidikan Dasar sampai jenjang Pendidikan Tinggi.Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar dari pemanfaatan media yang digunakan dalam memfasilitasi kegiatan Belajar dari Rumah di masa pandemic seperti saat ini. Pada situasi pandemi Covid-19 seperti ini, proses belajar mengajar diselenggarakan secara online tentu memiliki berbagai dampak. Banyak sekali kendala yang timbul akibat dari diberlakukannya pembelajaran daring. Salah satunya yaitu, ketida kesiapan guru dan peserta didiknya dilihat dari segi psikologisnya. Pada penelitian yang berjudul” Pengaruh Teknologi Pembelajaran Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Peserta didik” menggunakan tinjauan dari studi literature dalam melakukan riset.penelitian ini dilakukan dengan menganalisis penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan evaluasi ,menyelesaikan penyelidikan dan menarik kesimpulan.hasil yang di dapatkan dari penelitian ini yaitu informasi terkait pengaruh teknologi dalam pembelajaran dan dampak mental peserta didik. Hasil dari pengumpulan informasi memberikan representasi mengenai pengaruh pembelajaran daring terhadap kesehatan mental peserta didik di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, dari sudut pandang guru memaparkan bahwa pembelajaran daring ini di sisi lain bisa mengefektifkan dan mengefisiensikan proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai media yang sudah disediakan oleh pihak sekolah maupun dari pihak guru itu sendiri. Namun dari sudut pandang peserta didik, tidak semua dari mereka bisa menerima dengan lapang dada arahan dan bimbingan dari gurunya. Sebagian kecil peserta didik merasa tertekan akan adanya tugas yang diberikan pada setiap pertemuan pembelajaran daring. Beberapa dari peserta didik memiliki kecenderungan ketidaksiapan mereka dalam mengikuti pembelajaran daring. Kata Kunci: Teknologi,pandemic covid-19

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Artikel Jurnal

Contoh:

Penulis 1, Penulis 2 dan seterusnya, (Nama

belakang, nama depan disingkat). Tahun

publikasi. Judul artikel. Nama Jurnal Cetak

Miring. Vol. (No). Rentang Halaman.

https://journal.fkm.ui.ac.id/bikfokes/article/dow

nload/4656/1124,perpustakaan hasil dan

pembahsanhttps://journal.fkm.ui.ac.id/bikfokes/

article/view/4656/1124,https://staibinamadani.ejournal.id/jurdir/article/view/219#:

~:text=Hasil%20dalam%20penelitian%2C%20

menunjukkan%20bahwa,pelajaran%20dan%20

mengevalusi%20secara%20terbatas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.