KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER KI AGENG SURYOMENTARAM DAN IMPLIKASINYA DALAM MENGHADAPI TATANAN KEHIDUPAN NEW NORMAL ERA PANDEMI

Dela Khoirul Ainia

Abstract


Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum menunjukan kapan berakhir, sehingga kehidupan masyarakat harus tetap berjalan seperti biasanya. Kebiasaan baru dalam menjalani kehidupan menjadi hal yang tidak dapat dilepaskan dalam perilaku sehari-hari seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Bidang pendidikan dalam menghadapi tatanan kehidupan di era pandemi juga menyesuaikan kondisi yaitu pembelajaran dari rumah dan semua kegiatan dilakukan secara online. Proses pendidikan harus tetap dilaksanakan layaknya seperti kegiatan seperti sebelum pandemi covid-19, hal tersebut menjadi tantangan pendidik dalam menghadapi kebiasaan baru. Dalam hal ini pendidikan karakter memberikan peran dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa selama menghadapi kebiasaan baru. Pendidikan karakter memiliki tujuan untuk membentuk pribadi yang berkarakter, arif dan bijaksana serta memiliki kepedulian terhadap hal yang berada di sekitarnya. Penelitian ini mengkaji mengenai konsep pendidikan karakter yang ada dalam pemikiran Ki Ageng Suryomentaram, terdapat beberapa ajaran dan nilai luhur yang diajarkan oleh Ki Ageng Suryomentaram sehingga dapat diinternalisasi dalam menghadapi tatanan kehidupan newnormal pandemi kaitannya dengan pendidikan karakter. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menginventarisasikan nilai karakter Ki Ageng Suryomentaram sehingga dapat menjadi sebuah refleksi dalam menghadapi kehidupan newnormal pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analisis yaitu mendeskripsikan sekaligus memberikan analisis terhadap tema yang dibahas. Hasil yang diperoleh yaitu mengenai konsep pendidikan karakter Ki Ageng Suryomentaram dan implikasinya dalam menghadapi tatanan kehidupan new normal pandemi covid-19.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Ki Ageng Suryomentaram, Kehidupan New Normal.

 

The Covid-19 pandemic to date has not shown when it will end, so people's lives must continue as normal. New habits in living life become things that can not be released in everyday behaviors such as keeping distance, wearing masks and washing hands. The field of education in facing the order of life in the pandemic era also adjusts the conditions of learning from home and all activities carried out online. The education process must still be carried out like activities such as before the covid-19 pandemic, it becomes a challenge for educators in facing new habits. In this case character education provides a role in the formation of student attitudes and behaviors during the face of new habits. Character education aims to form a person who is characterful, wise and wise and has concern for what is around him. This study examines the concept of character education in the thinking of Ki Ageng Suryomentaram, there are several teachings and noble values taught by Ki Ageng Suryomentaram so that it can be internalized in the face of the pandemic newnormal life order related to character education. The purpose of this research is to inventory the character value of Ki Ageng Suryomentaram so that it can be a reflection in facing the newnormal life of the covid-19 pandemic. The method used in this research is descriptive analysis that describes as well as provides analysis of the themes discussed. The results obtained are about the concept of character education Ki Ageng Suryomentaram and its implications in dealing with the new normal life order of the covid-19 pandemic.
Keywords: Character Education, Ki Ageng Suryomentaram, New Normal Life


Full Text:

PDF

References


Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Karakter Cetakan Kedua. Jakarta.

Asa, Agam Ibnu. 2019. Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun IX (2): 245-258.

Atmosoetidjo, P. 2003. Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram dalam Pandangan Prof Soemeya Yoshimichi. Makalah. Komunitas Pelajar Kawruh Jiwa. Yogyakarta.

Bakker & Zubair. 1990. Metodologi Fenelitian Filsafat. Kanisius. Yogyakarta.

Handayani, Sri. 2010. Model Pembelajaran Pendidikan Berbasis Lingkungan Alam (Studi pada Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri Angkatan Bayu Windu dan Srikandi Silva. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 5 (2): 1-13

Kelly, HW. 2005. Pharmacotherapy A pathophysiological approach.Hill. New York

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020

Kholik, Abdul.2017. Psikoterapi Jawa: Pendekatan Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram Sebuah Pengantar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Mudana, I Gusti Agung Made Gede. 2019. Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia Vol. 2 ( 2)75-81.

Sumedi. 2012. Tahap-tahap Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Ki Ageng Suryomentaram dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak Islam. Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 (2): 183-201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.