PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA KELAS 5 KECAMATAN KEBUN JERUK JAKARTA BARAT

Anggia Christine Mendrofa, Sansuukyi Parhusip, Sofwan Azima, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menerapkan nilai-nilai agama, moral dan etika kepada peserta didik melalui ilmu pengetahuan dan didukung oleh orang tua, guru, dan juga masyarakat. Hal ini sangat penting untuk pembentukan dan pengembangan karakter dari peserta didik. Melihat banyaknya kasus bullying, tawuran antar pelajar, kekerasan bahan pelecehan seksual pada anak merupakan lemahnya karakter bangsa. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter seperti apa yang diterapkan di SDN Duri Kepa 11 Pagi. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sehingga hasil penelitian ini adalah: 1) Nilai karakter yang diterapkan dan ditunjukan yaitu religius, peduli lingkungan, tanggung jawab, jujur, dan toleransi. 2) Penerapan dan konsep pendidikan karakter di SDN Duri Kepa 11 Pagi melalui pembiasaan. 3) Strategi yang digunakan guru dalam penerapan pendidikan karakter seperti selalu mengingatkan siswa akan hal-hal baik, memberikan nasihat, memberikan contoh atau menjadi teladan, kegiatan rutin atau pembiasaan, dan menumbuhkan kesadaran siswa. Kata Kunci: Nilai karakter, strategi guru

Full Text:

PDF

References


Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N.

(2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN

KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH

DASAR DI ZAMAN SERBA

DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan

Sains, 2.

Badawi. (2019). PENDIDIKAN

KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN

AKHLAK MULIA DI SEKOLAH.

Manurung, A. S., & Halim, A. (2022). Gerakan

Literasi Siswa Dalam Meningkatkan

Motivasi Berprestasi di SDN Kenari 07

Pagi Jakarta. Indonesia Berdaya.

Maunah, B. (2015). IMPLEMENTASI

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM

PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

HOLISTIK SISWA. Jurnal Pendidikan

Karakter.

Pebriansyah, N., Nadila, R., Madani, Y. I., &

Supriyanto Manurung, A. (2021).

PENDIDIKAN KARAKTER

MEMBANGUN SISWA YANG

BERADABDI SDSWAWASAN

NUSANTARA.

Ridhuan, S. (2016). MEMBANGUN

KARAKTER BANGSA UNTUK

MENCIPTAKAN MASYARAKAT

YANG TANGGUH, KOMPETITIF,

BERAHLAK MULIA, BERMORAL

DAN BERETIKA BERDASARKAN

PANCASILA. Jurnal Eduscience, 2.

Rosyid, A. (2016). ASPEK-ASPEK

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM:

ANALISIS BUKU TEKS PAI UNTUK

SEKOLAH DASAR. Jurnal Eduscience,

Rusmana, A. O. (2019). PENERAPAN

PENDIDIKAN KARAKTER DI SD.

Jurnal Eduscience, 4.

Safitri, D., & Manurung, A. S. (2020).

Penggunaan Model Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa SDIT Denada. JURNAL

PERSEDA, 3.

Syofyan, H. (2

. MEMBANGUN

PERADABAN DENGAN

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM

PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.

Jurnal Eduscience, 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.