PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER PADA ANAK DI SEKOLAH

Risa Raihan Haryadi, Alina Nur Aliah, idia Istikomah, ABD Halim

Abstract


Ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendidikan diluar mata pelajaran yang akan membantu mengembangkan siswa sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minatnya melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh tenaga kependidikan yang berkualitas dan berkompeten di sekolah. Program dari kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih siswa berdasarkan bakat, minat dan keunikannya untuk mencapai tingkat prestasi yang bermakna. Karakter dapat digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya, dimana manusia memiliki banyak sifat yang bergantung pada faktor-faktor dalam kehidupannya sendiri. Pendidikan karakter sangat diperlukan di sekolah, meskipun dasar dari pendidikan karakter bersifat internal. Artinya, jika anak menerima pendidikan karakter yang baik dari keluarganya, maka anak tersebut akan terus melakukan karakter yang baik. Jadi, pendidikan karakter merupakan suatu hal yang mendesak untuk dilakukan sejak dini dalam rangka meningkatkan nilai karakter pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka mengembangkan nilai karakter siswa di SDN KEBON JERUK 06. Melalui penelitian ini, akan dapat diketahui mengenai pengembangan nilai karakter pada anak dan diharapkan kegiatan ekstrakurikuler tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode Study Literature atau kajian teoritik, yang dimana nantinya akan menguraikan teori-teori yang berhubungan dengan judul penelitian yang dibuat. Kata Kunci: Karakter, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan

Karakter Melalui Kegiatan

Ekstrakurikuler Di Sekolah. Sosio

Religi: Jurnal Kajian Pendidikan

Umum, 15(1), 54–64.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru

Mengembangkan Karakter Peserta Didik

Sekolah Dasar Melalui Pendidikan

Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 2(1), 115–120.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021).

Membentuk Karakter melalui Kegiatan

Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak

Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.160

Pradana, A. A. (2021). STRATEGI

PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR

MELALUI MATA PELAJARAN

PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA

DAN KESEHATAN. 3(1), 78–93.

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler

Pramuka terhadap Karakter Disiplin

Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal

Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.9

Putri, D. I. (2019). PENGUATAN PROGRAM

PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)

MELALUI KEGIATAN

EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI

SD. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

Sukma, H. H. (2021). Pendidikan Karakter Pada

Anak Sekolah Dasar Di Era Digital Dini.

Prosiding Seminar Nasional Dies

Natalis 41 Utp Surakarta, 1(01), 85–92.

https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i0

13

Supiani, S., Muryati, D., & Saefulloh, A.

(2020). Pelaksanaan Kegiatan

Ekstrakurikuler Keagamaan Di Man

Kota Palangkaraya Secara Daring.

ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa,

Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 30–39.

https://doi.org/10.37304/enggang.v1i1.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.