KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR KEBUN JERUK JAKARTA BARAT

Joice Monika Tarmidi, Annisa Ayu Ayu, Nadya Juliana, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi siswa guna membentuk karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitarnya. Tujuan dari Pendidikan karakter adalah untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik sehingga di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta Tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Hubungannya dengan Pendidikan moral terdapat tujuan untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terusmenerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik. Karena itu sebagai upaya dalam pembentukan karakter maka diperlukan adanya kesesuaian dengan budaya bangsa. Pelaksanannya tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah saja tetapi melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi dibutuhkan serangkaian kegiatan pengembangan diri yang dilakukan di luar sekolah. Dengan terbentuknya agama atau keyakinan, jujur, displin, toleransi, kerja keras, cinta damai serta bertanggung jawab dimulai dari kelompok kecil yaitu keluarga yang membentuk sampai siap terjun ke masyarakat. Kata kunci : Pendidikan karakter, keluarga

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

G., Supriyanto Manurung, A., Halim, A.,

Rosyid, A., & Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, P. Kontribusi ilmu pengetahuan

sosial dalam pendidikan karakter. (n.d.).

Literasi Matematika Bagi Siswa untuk

Peningkatan Kemampuan Berpikir

Kreatif di SDN Kenari,(n.d.). | |76.

Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A.

(2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir

Kreatif untuk meningkatkan Hasil

Belajar Matematika di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.5

Matanari, C., Lumban Gaol, R., & Simarmata,

E. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN

KARAKTER TERHADAP

PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK

SEKOLAH DASAR. Jurnal Educatio

FKIP UNMA, 6(2), 294–300.

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.4

Pebriansyah, N., Nadila, R., Madani, Y. I.,

Manurung, A. S., Pendidikan Guru, J., &

Dasar, S. (n.d.). PENDIDIKAN

KARAKTER MEMBANGUN SISWA

YANG BERADAB DI SDS WAWASAN

NUSANTARA.

Wijaya, H., & Pendahuluan, H. A. (n.d.).

Hakikat Pendidikan Karakter


Refbacks

  • There are currently no refbacks.