KARAKTER MEMBANGUN SISWA YANG BERADAB DI SDN TANJUNG DUREN SELATAN 05

Rusmiatul Nadila, Harlinda Syofyan, Afrilia Salsabilah

Abstract


Pembentukan karakter adalah suatu sistem pemberian nilai-nilai karakter kepada warga sekolah, yang terdiri dari unsur pengetahuan, kesadaran, atau motivasi dan sarana untuk mengimplementasikan nilainilai tersebut. Pembentukan karakter merupakan penelitian pendidikan yang sedang trend saat ini. Banyak orang dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari siswa, guru, hingga profesional pendidikan. Minimnya pendidikan kepribadian pada anak diduga mempengaruhi perkembangan berbagai masalah kepribadian yang merugikan orang lain, seperti korupsi, tawuran pelajar, dan suap. Pendidikan yang ada hanya melingkupi aspek kognitif anak saja, tetapi semua aspek anak yang lain, termasuk aspek emosional dan psikomotorik, juga perlu dikembangkan secara seimbang. Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penyelenggaraan pendidikan adalah sangat luhur yaitu meletakkan landasan yang kuat bagi peserta didik untuk menjadi manusia yang memiliki kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri. Generasi penerus bangsa yang akan dibentuk dimaksudkan tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional dan sosial. Untuk itu, pemerintah dan tenaga kependidikan saat ini gencar mensosialisasikan dan mereformasi berbagai kebijakan yang dianggap tidak sesuai dengan pembentukan kepribadian, khususnya kebijakan pendidikan.

Kata Kunci: Pembentukan karakter, keterampilan, Membangun siswa beradab, dan nilai karakter.


Full Text:

PDF

References


ROHENDI, Edi. Pendidikan karakter di sekolah. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2016, 3.1.

LESTARI, Afdhal; MUSTIKA, Dea. Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2021, 5.3: 1577- 1583.

INSANI, Galuh Nur; DEWI, DinieAnggraeni; FURNAMASARI, Yayang Furi. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2021, 5.3: 8153-8160.

Hartati, Welly. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di SD Negeri 7 Tanjung Raja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2(2): 216–28.

Aulia Hakim, S., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA Di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. In International Journal of Elementary Education (Vol. 1, Issue 4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.