INOVASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD

Mawarni Mawarni, Harlinda Syofyan, Assyifany Raisa Kinasih, Yola Yunita

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai inovasi-implementasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan. Lingkungan merupakan sumber belajar kontekstual yang bisa diaplikasikan dengan konsep merdeka belajar. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah melihat fenomena serta permasalahan yang ada di masyarakat. Lokasi kegiatan ini bertempat di jalan Dr Semeru Raya I Jakarta Barat melaksanakan program Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangkan Kompetensi Literasi Siswa/i SDN Grogol 05 Pagi. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lingkungan ada tiga kegiatan penerapannya: 1) Observasi pembelajaran berdiferensiasi 2) Aksi nyata kegiatan menanamkan budaya peduli lingkungan 3) Pemanfaatan potensi lingkungan agar tepat guna. Kegiatan tersebut menghasilkan produk literasi yang akan didokumentasikan dalam sebuah buku karya bersama. Hasil dari kegiatan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lingkungan yaitu, guru harus menciptakan strategi pembelajaran yang membangkitkan motivasi siswa/i, tidak memaksakan keinginan guru dalam pembelajaran dan menyesuaikan minat belajar siswa/i, serta mengoptimalisasi potensi lingkungan sebagai sumber belajar. Penentuan alokasi waktu, kerjasama dengan rekan sejawat, dan pemetaan kebutuhan belajar siswa sangat diperlukan untuk membuat kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan ini berjalan lancar. Kata Kunci: Inovasi pembelajaran, Pembelajaran berbasis lingkungan, Merdeka Belajar.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Syofyan, H., & Yuliati. (2017).

digilib.esaunggul.ac.id. PENGARUH

GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI

BERPRESTASI TERHADAP HASIL

BELAJAR IPA MAHASISWA PGSD

UNIVERSITAS ESA UNGGUL, 779-788.

Lestari, T., & Syofyan, H. (2021). Jurnal

Persada, III(3). Jurnal perseda, 115-120.

Novayulianti, R., & Syofyan, H. (2021).

ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR

SISWA PADA MATA PELAJARAN

IPA KELAS V DI SDN DURI KEPA 05

DALAM MASA PANDEMI COVID19. Junrnal Inovasi Penelitian, 2(3),

-996.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M.,

Santoso, B. P., Wijayanti, M. L., Hyun,

C. C., et al. (2020). Studi Eksploratif

Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap

Proses Pembelajaran Online diSekolah

Dasar. EduPsyCouns: Journal of

Education, Psychology and Counseling,

(1), 1-12.

Syofyan, H. (2017). Pengaruh gaya belajar dan

motivasi berprestasi terhadap hasil

belajar ipa mahasiswa pgsd universitas

esa unggul, 779-788.

Syofyan, H., & Ismail. (2018).

PEMBELAJARAN INOVATIF DAN

INTERAKTIF DALAM

PEMBELAJARAN IPA INOVATIVE

AND INTERACTIVE IN SCIENCE

LEARNING. Media Pengabdian kepada

Masyarakat, 4(1), 65-75.

Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, B. M.

(2021). Pelatihan Multimedia bagi Guru

dalamMenunjang Pembelajaran Daring.

INTERNATIONALJOURNAL OF

COMMUNITY SERVICELEARNING,

(4), 273-281


Refbacks

  • There are currently no refbacks.