PERAN MOBILE LEARNING SEBAGAI INOVASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT

Nadiah Khairunnisa, Lidya Agatha Lumban Tobing, Destika Puput Sagita, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan penggunaan mobile learning (media aplikasi berbasis android) terhadap hasil belajar siswa. Penulisan ini dilatar belakang oleh masih kurangnya penguasaan materi sehingga pembelajaran yang diterapkan belum maksimal. Untuk itu perlu ada inovasi dalam pembelajaran yaitu dengan menerapkan media pembelajaran yaitu media aplikasi berbasis android. Media pembelajaran aplikasi berbasis android ini sebagai proses pemecahan masalah agar siswa menjadi termotivasi dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu dengan studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa artikel hasil penelitian yang sudah terpublikasi untuk dianalisis dan dibuat kesimpulan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa mobile learning (media aplikasi berbasis android) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemui dalam proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi berbasis android dapat mengaktifkan partisipasi peserta didik di kelas bahkan dapat mengaksesnya di rumah atau dimanapun. Dengan demikian, perlunya kesiapan pendidik dan juga peserta didik dalam menerima era perkembangan teknologi abad ini. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Menggunakan Android

Full Text:

PDF

References


Nisfatun Nuroifah. (2010). Pengembangan

Media Pelajaran Berbasis Aplikasi

Android Materi Sistem Ekskresi siswa

kelas XI SMA Negri Dawarblandong z

EKSKRESI SISWA KELAS XI SMA

NEGERI 1 DAWARBLANDONG

MOJOKERTO Nisfatun Nuroifah ,

Bachtiar Syaiful Bachri. Jurnal Mahasiswa

Universitas Negeri Surabaya, 1–10.

Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran

Mobile Learning sebagai Inovasi dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada

Pembelajaran di Sekolah. Indonesian

Journal Of Educational Research and

Review, 3(1), 47.

https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Didik, P., Iii, K., & Gudang, S. D. N. (2021). 2)

,2. 2(3).

Elisa, R. S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I.

(2020). Jurnal perseda. Jurnal Persada,

III(3), 115–120.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar

Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah

Learning Center.

Baharuddin, B., & Wahyuni, E. N. (2008). Teori

belajar dan pembelajaran.

http://repository.uin-malang.ac.id/6124/

Akhiruddin, Sujarwo, & Atmowardoyo, H. N.

(2019). Belajar dan Pembelajaran. In Cv.

Cahaya Bintang Cemerlang.

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022).

Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual

Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa

pada Pelajaran Matematika di Sekolah

Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

(3), 4346–4355.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.284

Prasetyo, Y. D., Yektyastuti, R., Solihah, A.,

Ikhsan, J., Sugiyarto, K. H., &

PENDAMPING Penelitian dan Kajian

Konseptual Mengenai Pembelajaran Sains

Berbasis Kemandirian Bangsa, M. (2015).

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN

SAINS " Pengembangan Model dan

Perangkat Pembelajaran untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Tingkat Tinggi " Magister Pendidikan

Sains dan Doktor Pendidikan IPA FKIP

UNS PENGARUH PENGGUNAAN

MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA

BERBASIS AND. Pengembangan Model

Dan Perangkat Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Tingkat Tinggi, November, 252–258.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media

Pembelajaran. In Tahta Media Group

(Issue Mei)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.