NILAI PENGETAHUAN PEDAGOGIK BAGI CALON GURU
Abstract
Teachers’ duties as a professional worker are to teach, to educate and to guide. However, teachers still lack of pedagogic competency. Therefore, this study aims to reveal the value of pedagogic knowledge of the preservice teacher. The results of this study expected to contribute benefits for pre-service teacher in understanding pedagogical knowledge based on educational philosophy, developmental psychology of elementary school age children, and learning theory. This research was conducted using a qualitative approach. The conclusions of this study are: (1) Pedagogic knowledge based on educational philosophy for preservice teachers as a basis for creating learning and education in accordance with educational standards and goals. (2) Pedagogic knowledge based on child development psychology for preservice teachers as an understanding of the development and character of students related to a better change in student behavior so that learning goals can be achieved. (3) Learning theory-based pedagogical knowledge for preservice teachers as a basic knowledge to learn more about strategies, methods and suitable learning techniques applied so that students interested in learning and can achieve learning objectives
Guru sebagai tenaga profesional bertugas mengajar, mendidik, dan membimbing, namun guru masih kurang menguasai kompetensi pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai pengetahuan pedagogik bagi calon guru. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi calon guru dalam memahami kompetensi pedagogik terutama dalam hal nilai-nilai pengetahuan pedagogik berbasis filsafat pendidikan, psikologi perkembangan anak usia sekolah dasar, dan teori belajar agar dapat menjadi guru yang profesional dalam mengajar, mendidik, dan membimbing peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengetahuan pedagogik berbasis filsafat pendidikan bagi calon guru sebagai pedoman dasar untuk menciptakan pembelajaran dan pendidikan yang ideal sesuai standard dan tujuan pendidikan. (2) Pengetahuan pedagogik berbasis psikologi perkembangan anak bagi calon guru sebagai pemahaman tentang perkembangan dan karakteristik peserta didik berkaitan dengan perubahan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. (3) Pengetahuan pedagogik berbasis teori belajar bagi calon guru sebagai pedoman untuk mengetahui variasi strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang cocok diterapkan sehingga siswa tidak merasa bosan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Kata kunci: pengetahuan pedagogik, calon guru
Full Text:
PDFReferences
Dewi, A. and Susanto, R. (2018) ‘Analisis Pengaruh Pembelajaran Quantum Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA di SDN Joglo 04 Petang (Studi Pre-Eksperimen)’, Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 230–243. doi: 10.31932/jpdp.v4i2.179.
Ilyandani, L. S. and Susanto, R. (2019) ‘Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V Tahun Pelajaran 2018/2019’, ESJ (Elementary School Journal), 8(3), pp. 120–128.
Khaironi, M. (2017) ‘Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(1), pp. 1–16.
Kumala, V. M., Susilo, J. and Susanto, R. (2018) ‘Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan Kompetensi Pedagogik Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta’, Prosiding SNIPMD 2018, (January 2018), pp. 170–181. Available at: https://www.researchgate.net/publication/331965462_HUBUNGAN_PENGETAHUAN_PEDAGOGIK_DENGAN_KOMPETENSI_PEDAGOGIK_SERTA_PERBEDAANNYA_DI_SEKOLAH_NEGERI_DAN_SEKOLAH_SWASTA/link/5c95830045851506d7247b87/download.
Marianti and Susanto, R. (2017) ‘Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran IPS’, Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), pp. 260–269. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510.
Nahar, N. I. (2016) ‘Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran’, Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.
Puspita, D., Calista, W. and Suyadi, S. (2018) ‘Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Usia Dasar: Masalah Dan Perkembangannya’, JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), pp. 170–182. doi: 10.19109/jip.v4i2.2780.
Rahayu, R. and Susanto, R. (2018) ‘Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 220–229. doi: 10.31932/jpdp.v4i2.178.
Ratnawati, E. (2016) ‘Karakteristik Teori-Teori Belajar Dalam Proses Pendidikan (Perkembangan Psikologis Dan Aplikasi)’, Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2), pp. 1–23.
Rosyid, A. and Marwan, R. H. (2018) ‘Upaya Guru Sekolah Dasar Non Kependidikan Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik’, Jurnal Eduscience, 3(3).
Sofyani, N. and Susanto, R. (2019) ‘Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional ( Emotional Quotient ) Dan Ketahanmalangan ( Adversity Quotient ) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01’, Dinamika Sekolah Dasar, pp. 1–13. Available at: https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/wahana/article/view/96.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). III. Edited by A. Nuryanto. Yogyakarta: Alfabeta, cv.
Sumantri, M. S. (2016) ‘Asesmen dan Intervensi Pedagogik dalam Membangun Generasi Emas Ditinjau dari Perspektif Pengembangan Kreativitas Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar’, JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 7(1), p. 89. Available at: journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/507/440.
Susanto, R. et al. (2019) ‘PKM Anak Berkebutuhan Khusus di SMPN 191, Jakarta’, International Journal of Community Service Learning, 3(3), pp. 145–151. doi: 10.23887/ijcsl.v3i3.19971.
Susanto, R., Agustina, N. and Rozali, Y. A. (2020) ‘Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province )’, Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 19(3), pp. 167–182. doi: 10.17051/ilkonline.2020.03.114.
Susanto, R., Rachmadtullah, R. and Rachbini, W. (2020) ‘Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education’, Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), pp. 1–14. doi: 10.29333/ejecs/311.
Susanto, R. and Rozali, Y. A. (2020) Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran. I. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Susanto, R., Rozali, Y. A. and Agustina, N.(2019) ‘Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern’, Universal Journal of Educational Research, 7(10), pp. 2124–2132. doi: 10.13189/ujer.2019.071010.
Susanto, R., Rozali, Y. A. and Agustina, N. (2020) ‘Pedagogic Competence Development Model: Pedagogic Knowledge and Reflective Ability’, International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019), 422(Icope 2019), pp. 19–23. doi: 10.2991/assehr.k.200323.082.
Syofyan, H. et al. (2019) ‘Pemberdayaan Guru Dalam Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’, International Journal of Community Service Learning, 3(3), pp. 127–132. doi: 10.23887/ijcsl.v3i3.20816.
Syofyan, H. and Ismail (2018) ‘Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran IPA Innovative And Interactive in Science Learning’, Media Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), pp. 65–75. Available at: http://ojs.unida.ac.id/index.php/QH/article/view/1189.
Wahyuningsih, R. (2017) ‘Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 5 Jombang’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen (JPEKBM), 1(1), pp. 19–27. Available at: ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/ekonomi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.