INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SDN KEBON JERUK

Bela Sulaeka, Lidya Agatha Lumban Tobing, Lina Sudaya Siregar, Alberth Supriyanto Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang inovasi pembelajaran guru dalam masa pandemi Covid-19 di kelas V SDN 11 Kebon Jeruk. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V SDN 11 Kebon Jeruk dan siswa kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah inovasi pembelajaran guru dalam masa pandemi Covid-19 di kelas V SDN 11 Kebon Jeruk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Sedangkan bentuk penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kepustakaan (Library Resaarch). Teknik Pengumpulan Data menggunakan kajian sumber pustaka, wawancara (interview), dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan dokumen dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN 11 Kebon Jeruk, proses pembelajaran dilakukan dari rumah, guru berinovasi dengan menyiapkan tugas serta media yang digunakan untuk belajar dari rumah. Sedangkan hasil wawancara siswa kelas V SDN 11 Kebon Jeruk siswa mengatakan bosan belajar dari rumah dan ingin pergi ke sekolah agar bertemu dengan teman-temannya. Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran, Pandemi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Faturohman, N. (2020). INOVASI

PEMBELAJARAN DARING PADA MASA

PANDEMI COVID-1. 3(1), 615–627.

Karti, E., & Manurung, A. S. (2019).

Penggunaan Alat Peraga Dakota Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Materi KPK Dan FPB Pada Siswa Kelas

IV Sekolah Dasar Negeri Duri Kepa 03

Jakarta Barat. Dinamika Sekolah Dasa,

(9), 1–10.

Kristanto, Y. D. (2020). Pembelajaran Jarak

Jauh. 1–12.

Kurniawan, D., & Manurung, A. S. (2021).

Keefektivitasan Pembelajaran Daring

Terhadap Hasil Belajar Matematika

Materi Perkalian Bilangan Cacah Pada

Kelas Ii Sdn Grogol 05 Pagi. Edukasi

Tematik, 2(2), 1–171.

http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahtt

ps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0

Ahttp://www.depkes.go.id/resources/dow

nload/info-terkini/hasil-riskesdas2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/li

censing/%0Ahttp://jukeunila.com/wpcontent/uploads/2016/12/Dea

Manurung, A. S., & Halim, A. (2021). Pengaruh

Model Pembelajaran PAKEM Terhadap

Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas

V SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Jakarta.

Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 93–

https://journal.lppmunindra.ac.id/index.ph

p/Faktor/article/view/8638

Novayulianti, R., & Syofyan, H. (2021). VO 2

NO 3 THN 2021_Pembljrn IPA_ok.

Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3).

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., &

Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media

Pembelajaran Berbasis Video

Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak

Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah.

Rahmi, R. (2020). AL-TARBIYAH : JURNAL

PENDIDIKAN ( The Educational Journal

) INOVASI PEMBELAJARAN DI

MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal

Pendidikan, 30(2), 111–123.

https://doi.org/10.24235/ath.v

Safarati, N. (2020). PELATIHAN INOVASI

PEMBELAJARAN MENGAHADAPI

MASA PANDEMIC COVID-19. 1(3),

–245.

Vita, M. K. (2020). Inovasi Pembelajaran Guru

Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas

VI SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Kabupaten

Sintang. Jurnal Vox Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.