EKSTRAKULIKULER MARCHING BAND SEBAGAI SALAH SATU SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN MERUYA UTARA 02 PAGI

Nina Gustina, Iis Salihatin, Anggi Pratiwi Wibisono, ABD Halim

Abstract


Marching band adalah sekolompok barisan peserta didik yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sebuah kombinasi beberapa alat music secara bersama – sama. Tujuan nya dapat meningkatkan kemampuan dari individu peserta didik dalam bermain dan dapat memastikan dari proses transfer materi ke peserta didik dapat berjalan dengan baik. Dengan adanya kegiatan marching band disekolah diharapkan para peserta didik dapat meningkatkan pendidikan karakter melalui ekstrakulikuler di marching band. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, quisoner dan dokumentasi. Sumber data berasal dari peserta ekstrakurikuler marching band beserta pelaihnya. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ekstrakurikuler mampu menignkatkan tingkat kedisiplinan. Kami menyuguhkan data dari analisis yang telah kami lakukan ke dalam makalah yang kami buat ini. Kesimpulan dari penelitian ini marching band sangat berperan dalam hal meningkatkan pendiidikan karakter peserta didik seperti kepercayaan diri, kerja sama tim, keterampilan musik, kemimpinan, dan prestasi

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Marching band


Full Text:

PDF

References


Harahap (2012, hlm. 2)

M menjelaskan “Marching Band “

Menurut Boneo dalam Himawan (2016, hlm. 3-4) menjelaskan “Marching Band”

Menurut Hafif (2017, hlm. 96) yang menjelaskan bahwa “Marching band”

Menurut Kirnadi (2011, hlm. 130-133) menjelaskan “pencerahan dan awarness adalah kata lain untuk berfikir seimbang antara otak kiri dan otak kanan, secara kognitif dan afektif.”

Menurut (Harahap, 2012; & Kirnadi, 2011) menjelaskan peralatan marching band

Kirnadi 2011 hlm. 28 menuliskan bahwa “Drum mayor (sebutan untuk pria) dan drum majorette (sebutan untuk wanita) adalah pimpinan barisan marching band sambil membawa tongkat panjang (yakni tongkat drum major).”

(Kirnadi, 2011; Tobing, 2018 ) menjelaskan perbedaan field commender dengan drum major

Istilah color guard menurut Kirnadi (2011 hlm. 24-26)

Menurut sugiyono (2017) mengatakan quisoner

https://newmarchingband.blogspot.com/2016/02/pengertian-marchinh-band.html

https://www.pengetahuanku13.net/2022/04/marching-band-pengertian-manfaat.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.