DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Kedisiplinan sangat ditekankan dalam proses pembelajaran. Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan untuk memenuhi ketentuan, tata tertib atau kaidah-kaidah yang berlaku dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, keputusan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Penelitian ini difokuskan kepada upaya guru mendisiplinkan siswa kelas 6. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SDN Curug Kulon 3. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru mendisiplinkan siswa kelas 6 SDN Curug Kulon 3 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kedisiplinan yang dilakukan oleh guru wali kelas 6 lebih menekankan pada nilai kesopanan dan keterampilan menggunakan metode pembiasaan serta keteladanan. Masalah yang dihadapi guru wali kelas 6 yakni karena faktor dari diri siswa sendiri dengan melakukan pendekatan melalui orang tua.
Kata kunci: Kedisiplinan, kualitatif, kesopanan
Full Text:
PDFReferences
Darnius, S., Yamin, M., & Ainun, S. (2019).
Implementasi Disiplin dalam Proses
Pembelajaran Sebagai Upaya
Meningkatkan Prestasi Siswa SD Negeri
Banda Aceh. Serambi Konstruktivis,
(2).
https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1
i2.1344
Kurniasih, F., & Wijaya, H. (2019). Peran
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di
Sdn Embung Tangar Kecamatan Praya
Barat. Jupe : Jurnal Pendidikan
Mandala, 4(5).
Https://Doi.Org/10.36312/Jupe.V4i5.937
Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh
Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Di Sekolah
Dasar. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan
Dasar), 1(1).
Https://Doi.Org/10.26618/Jrpd.V1i1.123
Sendayu, R., Masrul, M., & Kusuma, Y. Y.
(2020). Analisis Pelanggaran
Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sd
Pahlawan. Jurnal Review Pendidikan
Dan Pengajaran, 3(2).
Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V3i2.121
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr.
Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.)). Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2017).
Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi.
Bumi Aksara.
Wijaya, R. dan T. (2020). Panduan dan Aplikasi
Penelitian Tindakan Kelas (Utami (ed.);
Cetakan pe). Noktah
Refbacks
- There are currently no refbacks.