DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Cristina Cristina, Aeni Wulan Lestari, Putri Indah Nurmalasari, Oktian Fajar Nugroho

Abstract


Kedisiplinan sangat ditekankan dalam proses pembelajaran. Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesediaan untuk memenuhi ketentuan, tata tertib atau kaidah-kaidah yang berlaku dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, keputusan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Penelitian ini difokuskan kepada upaya guru mendisiplinkan siswa kelas 6. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SDN Curug Kulon 3. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru mendisiplinkan siswa kelas 6 SDN Curug Kulon 3 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kedisiplinan yang dilakukan oleh guru wali kelas 6 lebih menekankan pada nilai kesopanan dan keterampilan menggunakan metode pembiasaan serta keteladanan. Masalah yang dihadapi guru wali kelas 6 yakni karena faktor dari diri siswa sendiri dengan melakukan pendekatan melalui orang tua.

Kata kunci: Kedisiplinan, kualitatif, kesopanan


Full Text:

PDF

References


Darnius, S., Yamin, M., & Ainun, S. (2019).

Implementasi Disiplin dalam Proses

Pembelajaran Sebagai Upaya

Meningkatkan Prestasi Siswa SD Negeri

Banda Aceh. Serambi Konstruktivis,

(2).

https://doi.org/10.32672/konstruktivis.v1

i2.1344

Kurniasih, F., & Wijaya, H. (2019). Peran

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam

Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di

Sdn Embung Tangar Kecamatan Praya

Barat. Jupe : Jurnal Pendidikan

Mandala, 4(5).

Https://Doi.Org/10.36312/Jupe.V4i5.937

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh

Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa Di Sekolah

Dasar. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan

Dasar), 1(1).

Https://Doi.Org/10.26618/Jrpd.V1i1.123

Sendayu, R., Masrul, M., & Kusuma, Y. Y.

(2020). Analisis Pelanggaran

Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sd

Pahlawan. Jurnal Review Pendidikan

Dan Pengajaran, 3(2).

Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V3i2.121

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (M. Dr.

Ir. Sutopo. S.Pd (Ed.)). Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2017).

Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi.

Bumi Aksara.

Wijaya, R. dan T. (2020). Panduan dan Aplikasi

Penelitian Tindakan Kelas (Utami (ed.);

Cetakan pe). Noktah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.