KOMPETENSI PEDAGOGIK BERBASIS KECERDASAN EMOSIONAL PADA GURU MI NURUL YAQIN

Caroline Monica Nirmalawaty, Azi Rivaldi, Desnita Siregar, Munika Yestri Wahyuni, Ratnawati Susanto

Abstract


Emotional intelligence is a teacher’s intelligence to be used in controlling his or her emotions when communicating with students, parents, peers, and other school members constructively and effectively in carrying out their duties and role as a teacher. The teacher's pedagogical ability to regulate emotions can be a measure of a teacher's success in carrying out his or her role and duties. This is useful as an evaluation of the teaching and learning process and improving the skills of teachers in schools. This study aims to determine the ability of teachers to manage emotional intelligence as one of the pedagogical competencies of teachers. This research uses a qualitative descriptive method to achieve its goal. The data collection technique was carried out by distributing networking questionnaires. The research subjects were the teachers at Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin, Semanan - West Jakarta. Data analysis was carried out by describing the research indicators. The results showed that emotional intelligence as a teacher's pedagogic ability has a positive and meaningful influence so that teachers have the ability to recognize self-emotions, to manage their emotions, to motivate themselves, to recognize other people's emotions, and to build relationships with others.
Keywords: emotional intelligence, pedagogic competence, teacher, social interaction

 

Kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang dimiliki oleh seorang guru untuk dipergunakan dalam mengontrol emosi dirinya saat berkomunikasi dengan siswa, orang tua murid, rekan sejawat, dan warga sekolah lainnya secara konstruktif dan efektif dalam melaksanakan tugas serta perannya sebagai seorang guru. Kemampuan pedagogik guru dalam mengatur emosi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan peran dan tugasnya. Hal itu berguna sebagai evaluasi terhadap proses belajar mengajar serta meningkatkan keterampilan guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kecerdasan emosional sebagai salah satu kompetensi pedagogik guru. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dalam jaringan. Subjek penelitian adalah para guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin, Semanan - Jakarta Barat. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan indikator penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional sebagai kemampuan pedagogik guru memiliki pengaruh yang positif dan berarti sehingga guru mempunyai kemampuan untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan dengan sesama.
Kata kunci: kecerdasan emosional, kompetensi pedagogik, guru, interaksi sosial


References


Didik, P. and Sd, D. I. (2018) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemahaman Terhadap Peserta Didik di SD Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo’, pp. 84–103. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/167/163.

Hendriani, S. and Garnasih, L. (2013) ‘Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMAN 8 Pekanbaru’, 21, pp. 1–10. Available at: https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2041/2005.

Ismail (2015) ‘Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran’, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 4(2), pp. 704–719. Available at: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/630.

Julita, S., Herawaty, D. and Gusri, S. A. (2019) ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Guru Matematika’, JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), pp. 31–34. doi: 10.30598/jupitekvol2iss1pp31-34.

Mangkunegara, A. and Puspitasari, M. (2015) ‘Kecerdasan Emosi,Stres Kerja, dan Kinerja Guru SMA’. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7491/6488.

Mulyana, E. H. (2010) ‘Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi’, Jurnal Saung Guru, 1(2), pp. 1–11. Available at: http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/SAUNG_GURU/VOL._1_NO._2/Edi__Hendri-GURU_BERKUALITAS_PROFESIONAL_DAN_CERDAS_EMOSI.pdf.

Nursalam, 2016, metode penelitian and Fallis, A. . (2013) ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pengembangan Karakter Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Botumoito’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. Available at: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/article/view/170.

Puluhulawa, C. W. (2013) ‘Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru’, Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(2), p. 139. doi: 10.7454/mssh.v17i2.2957.

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E. and Muna, M. K. (2019) ‘Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional’, Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), p. 10. doi: 10.31258/jope.2.1.10-15.

Sofyani, N. and Susanto, R. (2019) ‘Analisis Keterkaitan Kecerdasan Emosional ( Emotional Quotient ) dan Ketahanmalangan ( Adversity Quotient ) Dalam Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Jelambar Baru 01’, Dinamika Sekolah Dasar, pp. 1–13. Available at: https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/wahana/article/view/96.

Susanto, R. (2018) ‘Transformasi Nilai-Nilai Budaya Sikap Kerja 5S dalam Penciptaan Suasana Akademik Perguruan Tinggi yang Bermutu (Kajian Literatur untuk Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik)’, Universitas Esa Unggul, (June 2018), pp. 1–14. Available at: https://www.researchgate.net/publication/331965852_Transformasi_Nilai-Nilai_Budaya_Sikap_Kerja_5S_dalam_Penciptaan_Suasana_Akademik_Perguruan_Tinggi_yang_Bermutu_Kajian_Literatur_untuk_Pengembangan_Profesionalitas_Tenaga_Pendidik/link/5c9585cd299bf1116940.

Susanto, R. et al. (2019) ‘Laporan kemajuan penelitian terapan binus’, (January). Available at: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Research-13791-16_0444.pdf.

Susanto, R. et al. (2020) ‘Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran di SDN Duri Kepa 03’, International Journal of Community Service Learning, 4(2), pp. 125–138. doi: 10.23887/ijcsl.v4i2.25657.

Susanto, R., Agustina, N. and Rozali, Y. A. (2020) ‘Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province’, 19(3), pp. 167–182. doi: 10.17051/ilkonline.2020.03.114.

Susanto, R. dan Y. A. R. (2020) Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik : Teori, Konsep, dan Konstruk Pengetahuan. 1st edn. Edited by Y. N. Indah Sari. Depok: Rajawali Pers. Available at: https://digilib.esaunggul.ac.id/model-pengembangan-kompetensi-pedagogik-teori-konsep-dan-konstruk-pengukuran-17286.html.

Susanto, R., Kumala, V. M. and Susilo, J. (2019) ‘Hubungan Pengetahuan Pedagogik Dengan Kompetensi Pedagogik Sekolah Negeri Dan Sekolah Swasta’, Prosiding SNIPMD 2018, (January 2018), pp. 170–181. Available at: https://www.researchgate.net/publication/331965462_Hubungan_Pengetahuan_Pedagogik_dengan_Kompetensi_Pedagogik_serta_Perbedaannya_di_Sekolah_Negeri_dan_Sekolah_Swasta/link/5c95830045851506d7247b87/download.

Susanto, R., Rachmadtullah, R. and Rachbini, W. (2020) ‘Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education’, Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), pp. 1–14. doi: 10.29333/ejecs/311.

Susanto, R., Rozali, Y. A. and Agustina, N. (2019) ‘Development of pedagogical competency models for elementary school teachers: Pedagogical knowledge, reflective ability, emotional intelligence and instructional communication pattern’, Universal Journal of Educational Research, 7(10), pp. 2124–2132. doi: 10.13189/ujer.2019.071010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.