KONSEP INTEGRITAS TEKNOLOGI / ICT PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR DI ERA COVID-19

Lidya Otaveny Erpa Pardede, Mu Rully Ramadhan, Razela Regina Putri, Ainur Ros

Abstract


Pandemi covid-19 sudah membawa banyak perubahan terhadap pembelajaran dan pendidikan
disekolah. Sejak bulan Maret 2020 telah diberlakukan pembelajaran dari rumah. Guru juga
melakukan pembelajaran dari rumah (teaching from home) dan pandemi Covid-19 telah
mengubah paradigma pembelajaran di kelas. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk memberikan
informasi terkait penggunaan model e-learning dan media sosial yang diperdayakan untuk
mengembangkan citra pembelajaran IPS SD yang digunakan di era pandemi dan sesudah
pandemi covid-19. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah pustaka (library research),
dengan hasil sebagai berikut: (1) Pembelajaran IPS SD di harapkan dapat memberikan konsep
pehaman kepada siswa dan guru untuk menggukan elearning dan media sosial di saat saat dan
sesudah pandemi covid-19, seperti: web course, web centric course dan web enhanced course,
maka dari itu sikap dan persepsi siswa dan guru di dalam pembelajaran IPS SD perlu
ditingkatkan guna pembelajaran IPS yang bermakna, (2) Sebagai daya dukung di dalam mata
pelajaran IPS SD karena dengan metode ini lebih efektif di masa dan sesudah pandemi covid-19,
(3) Mampu mengaplikasikan e-learning dan media sosial di dalam pelajaran IPS guna
memperbaiki kualitas pendidikan dan menyesuaikan zaman. Sehingga pendidikan mengalami
perkembangan yang cepat diantaranya penggunaan media dan metode pembelajaran berbasis
digital.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.