MANAJEMEN DAN IDENTIFIKASI SARANA DAN PRASARANA DI SEKOLAH SD NIARA NATIONAL SCHOOL

Hilma Wardatun Nisa, Adiendha Ayu Putri, Regina Syah Putri, Harlinda Syofyan

Abstract


Manajemen sarana dan prasarana adalah sebuah proses perencanaan. Pelaksanaan dan
penilaian terhadap aspek sarana dan prasarana yang tersedia di sebuah lembaga di sekolah
dalam rangka untuk meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen Sarana dan Prasarana di SD Niara National School serta mengidentifikasi. Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian yakni wawancara dan angket yang dibagikan kepada kepala sekolah, guru, dan siswa kelas 3 sampai kelas 6. Hasil penelitian kami adalah dari 30 daftar sarana dan prasarana yang kita identifikasi, 30 sarana dan prasarana terdapat di SD Niara National School, dengan kondisi yang mewakili tidak baik sebanyak 3 poin. Kondisi yang mewakili cukup baik sebanyak 8 poin Kondisi yang mewakili baik sebanyak 15 poin dan kondisi yang mewakili sangat baik sebanyak 3 poin.Permintaan tertinggi tentang harapan dari pihak sekolah adalah proyektor sementara dari pihak siswa adalah kantin sekolah. Berdasarkan dengan hasil tersebut dapat kita ambil kesimpulan
bahwa sebagian besar sarana dan prasarana di SD Niara National School masih layak pakai
tetapi masih butuh banyak sarana dan prasarana yang harus di penuhi agar tercapainya
hasil belajar siswa yang optimal.
Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.