MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGODIK PADA GURU SD UNTUK MENJAMIN KUALITAS MUTU PEMBELAJARAN

Anggun Manjakani, Ferah Khoirunnisa, Sinta Nabila

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin canggih. Kemajuan teknologi ini tak luput dari pengruhnya terhadap Pendidikan di Indonesia ini, khususnya pada jenjang SD. Untuk itu guru dituntut memiliki kompetensi pedagogik yang sesuai dengan kemajuan sekarang ini. Artikel ini mengggunakan metode riset kepustakaan dimana penulis mengkaji langsung berdasarkan riset yag dilakukan pada buku, jurnal, artikel pan penelitian terdahulu. Tujuannya agar mengetahui strategi dan model yang tepat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada guru sd untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Keyword : kompetensi pedagodik, guru sd, pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Dr. Ratnawati susanto, Y. Asmi Rozali.2020.. Model pengembangan kompetensi pedagodikJudul Buku cetak miring. Rajawali pers.Depok.

Asam Basa. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Kumala, Vivi May, Jinny Susilo, and Ratnawati Susanto. 2018. “Sekolah Swasta.” Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan akaompetensi Pedagogik: 1–23.

Susanto, Ratnawati et al. 2020. “Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran Di SDN Duri Kepa 03.” International Journal of Community Service Learning 4(2): 125–38.

Susanto, Ratnawati, and Reza Rachmadtullah. 2019. “Model of Pedagogic Competence Development: Emotional Intelligence and Instructional Communication Patterns.” International Journal of Scientific and Technology Research 8(10): 2358–61.

Susanto, Ratnawati, Reza Rachmadtullah, and Widarto Rachbini. 2020. “Technological and Pedagogical Models: Analysis of Factors and Measurement of Learning Outcomes in Education.” Journal of Ethnic and Cultural Studies 7(2): 1–14.

Susanto, Ratnawati, Yuli Asmi Rozali, and Noni Agustina. 2019. “Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers: Pedagogical Knowledge, Reflective Ability, Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern.” Universal Journal of Educational Research 7(10): 2124–32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.