ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK
Abstract
Kemampuan pedagogik sangat penting untuk dimiliki seorang pendidik, dengan adanya kemampuan tersebut diharapkan mampu menjadi bekal untuk seorang pendidik dalam memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa. Seorang pendidik juga diharapkan selalu meningkatkan kemampuan pedagogiknya sehingga pendidik mampu berinovasi pada setiap pembelajaran yang diajarkan dan siswa termotivasi dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan kemampuan pedagogik seorang pendidik dibutuhkan karena di dalam mata pelajaran tersebut diharapkan siswa dapat meningkatkan kreatifitasnya sehingga dapat terampil dalam kegiatan seni. Namun dalam dunia pendidikan ditemukan permasalahan bahwa peserta didik kurang memiliki kreatifitas dalam pembelajaran kesenian sehingga guru mengalami kesulitan dalam memberikan atau menyampaikan materinya kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh dan kemampuan pedagogik guru dalam mata pelajaran seni budaya dan keterampilan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan pedagogik guru terhadap kreatifitas siswa dalam mata pelajaran seni budaya dan keterampilan.
Kata Kunci: Kemampuan pedagogik, Seni Budaya dan Keterampilan, Kreativitas.
Pedagogical ability is very important for an educator to have, with this ability it is expected to be able to provide provisions for an educator in providing knowledge and skills to students. An educator is also expected to always improve his pedagogical abilities so that educators are able to innovate in every lesson taught and students are motivated in the learning process. In learning cultural arts and pedagogical skills of an educator is needed because in these subjects students are expected to increase their creativity so that they can be skilled in art activities. However, in the world of education, a problem is found that students lack creativity in learning arts so that teachers have difficulty in delivering or delivering material to students. The purpose of this study was to determine the influence and pedagogical abilities of teachers in arts and culture subjects and skills to increase the creativity of students. This research is a qualitative research using literature study method. The results in this study are that there is a positive and significant relationship between teacher pedagogical abilities and student creativity in arts and culture subjects.
Keywords : Pedagogic Ability, Cultural Arts and Skills, Creativity
Full Text:
PDFReferences
Agustina, R., & Sunarso, A. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Sbk. Joyful Learning Journal, 7(3), 75–79. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i3.25859
Ambarwati, S. V., & Suprayitno. (2014). Pemanfaatan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Membuat Mozaik Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 02(02), 1–10.
Ana Rahmatillah. (2019). PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BERKARYA SENI RUPA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 11 PADANG. 8(1), 1–15.
Aryani, D. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Lagu-Lagu Daerah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 172–180.
Dewi Lusiana, D. . (2018). Pentingnya Perkembangan Bakat Siswa Melalui Seni Rupa Dan Penguasaan Seni Rupa Bagi Guru Dalam Pembelajaran Seni Di Sekolah Dasar. 7, 313–320.
Fadila, D., Suryana, Y., & Giyartini, R. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Gerak Tari Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 9–19.
Ifrianti, S. (2018). Membangun Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 1–18.
Kumala, V. M., Susilo, J., & Susanto, R. (2018). Hubungan Pengetahuan Pedagogik dengan Kompetensi Pedagogik serta Perbedaannya di Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Prosiding SNIPMD 2018, 1(January 2018), 170–181.
Octavianingrum, A. (2018). Pemahaman Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cibodas Kota Tangerang. Prosiding SNIPMD 2018, 1(1), 107–111.
Ratnawati, S. (2018). Analisis Keterkaitan Kepemimpinan Guru di Kelas dan Pola Pendekatan Bimbingan Terhadap Pembentukan Nilai dan Karakter Anak Didik Usia Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 55. Retrieved from http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/116/100
Ratnawati, S., & Rozali Asmi, Y. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.
Ratnawati Susanto, Noni Agustina, Y. A. R. (2020). Analysis of the Application of the Pedagogical Competency Model Case study of Public and Private Primary Schools in West Jakarta Municipality , DKI Jakarta Province ). 19(3), 167–182. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.03.114
Ritonga, N. (2017). Analisis Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran Biologi Di Smp Negeri Se-Kec. Medan Kota Analysis of the Usage Information Techology Base and Communication in Learning Process of Biology At Smpn All Medan Ci. Cahaya Pendidikan, 3(1), 77–87. https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.872
Sandi, N. V. (2020). Menggambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Bakat Siswa Sekolah Dasar. 6(1), 79–87.
Siteri, N. K. (2019). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 3(2), 137–144.
Sudibjo, N., Sari, N. J., & Lukas, S. (2020). Penerapan pembelajaran berbasis projek untuk menumbuhkan perilaku kreatif, minat belajar, dan kerja sama. Akademika, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.736
Susanto, R. (2017). Keterampilan Manajemen Kelas Melalui Gerakan Sederhana Senam Otak ( Brain Gym ) Di Sd Pelita 2 , Jakarta. Jurnal Abdimas, 3(2), 1–13.
Susanto, R., & Rachmadtullah, R. (2019). Model Of Pedagogic Competence Development : Emotional Intelligence And Instructional Communication Patterns. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8(10), 8–11.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.29333/ejecs/311
Susanto, R., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2019). Development of Pedagogical Competency Models for Elementary School Teachers : Pedagogical Knowledge , Reflective Ability , Emotional Intelligence and Instructional Communication Pattern. Universal Journal of Education Research, 7(10), 2124–2132. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071010
Taufik, R. A., Hernawan, H., & Rizal, S. (2019). EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MOBILE LEARNING DALAM MENINGKATKAN. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1), 36–54.
Tusliawati. (2017). Penerapan Metode Demonstratif Eksperimen Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Seni Rupa Terapan. 1(1), 91–101.
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(19), 165–176.
Zufriady. (2017). Model Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Musik Riau Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 344–363.
Refbacks
- There are currently no refbacks.