ANALISIS STRUKTUR INTRINSIK DALAM NOVEL MARIPOSA KARYA LULUK HF

Addina Putri Mazaya, Bella Satriya Surya Ananda Putri, Rachel Chesia natalia, Elisa Yolanda

Abstract


Novel is a form of literary work that is included in prose fiction. Imagination is the author's imagination which is expressed in the story. So, basically the novel is one of the types of prose fiction that involves the experience of the author based on existing facts. The author's experience is then translated into a story into a novel through the characters in the novel. This study aims to analyze the intrinsic structure of a novel entitled Mariposa by Luluk HF. This research is a qualitative research because the data analyzed is in the form of words or sentences - literary research and novels like Mariposa. Data collection techniques are: 1) library techniques, 2) note taking techniques, 3) analysis techniques. The results of this study indicate a structure in the novel "Mariposa" such as themes of friendship and love, 6 characters with different characters, the point of view used by the author, forward and backward flow, mandate contained in the novel that can be applied in everyday life. and the style used by the author in presenting this novel.
Keywords: structure, novel, literature

 

Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang termasuk dalam prosa fiksi. Imajinasi merupakan daya khayal pengarang yang dituangkan dalam cerita. Jadi, pada dasarnya novel merupakan satu diantara jenis prosa fiksi yang melibatkan pengalaman pengarang berdasarkan kenyataan yang ada. Pengalaman pengarang itu kemudian dituangkan dalam cerita ke dalam bentuk novel melalui tokoh-tokoh yang ada dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur instrinsik sebuah novel yang berjudul Mariposa hasil karya Luluk HF. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data yang di analisis berupa kata- kata atau kalimat- penelitian sastra dan novel seprti Mariposa. Teknik pengumpulan data adalah: 1) teknik pustaka, 2) teknik catat, 3) teknik analisis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya struktur dalam Novel “Mariposa” seperti tema yaitu persahabatan dan percintaan, 6 tokoh dengan watak yang berbeda, sudut pandang yang digunakan penulis, alur maju dan alur mundur, amanat yang terdapat dalam novel yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan gaya bahasa yang digunakan penulis dalam menyajikan novel ini.
Kata Kunci: Struktur, Novel, Sastra


Full Text:

PDF

References


Buku

Fajriyah, Hidayatul. Tahun 2018. Mariposa. Coconut Books. Bumi Semesta Media-Jakarta Selatan

Artikel Jurnal

Elisabet Saina, Syamsiyah Syamsiyah, Riko Riko, ‘Analisis Struktur Dalam Novel “Seperti Hujan Yang Jatuh Ke Bumi” karya Boy Candra. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 5, No 1 (2020)

Sumber Rujukan dari Website

Gizi dan Makanan Sehat. 2019. Sinopsis novel Mariposa Luluk HF. Diakses tanggal 1 Desember 2020.

https://ratusinopsisnovel.blogspot.com/2019/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.