PERANAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Alifah Setiawulan Prihantini, Devy Rahmasari, Adila Afika, Harlinda Syofyan

Abstract


Pembelajaran daring membawa banyak perubahan dalam bidang pendidikan. Perubahanproses pembelajaran menjadi daring, membuat siswa harus mempunyai fasilitas yangmemadai di rumah agar bisa mengikuti pembelajaran dengan maksimal, khususnya padamatapelajaran IPA. Dalam pembelajaran IPA, siswa bukan hanya harus memahami informasi yangdiberikan oleh guru, namun siswa juga harus memahami proses maupun produk. Tetapi, tentunya tidak semua siswa memiliki fasilitas belajar di rumah yang memadai. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket menggunakan Google Form. Hasil penelitian yang didapatkan melalui Google Form yang disebar kepada siswa kelas III SDNKutabumi 2 dengan jumlah siswa 33 orang, hanya 6,9% siswa yang tidak mempunyai device atau fasilitas belajar seperti handphone atau laptop untuk pembelajaran daring. Walaupun tempat tinggal siswa di daerah yang tidak sulit untuk mengakses internet, tetapi banyak siswayang mempunyai kendala terkait kekurangan kuota internet ketika pembelajaran daring dan siswa tidak mendapatkan kuota internet dari pemerintah. Fasilitas belajar seperti handphone atau laptop dan kuota internet menjadi peran penting dalam menunjang kelancaran serta keberhasilan pembelajaran daring. Kata Kunci: fasilitas belajar, pembelajaran daring, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.