EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS WEB TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI RUMAH

Nanda Saputra, Kosilah Kosilah, Nelly Wedyawati

Abstract


Learning independence is the curiosity of each student to create new things whose willingness encourages students to continue to seek solutions to problems so that in this matter independence. Student learning cannot be separated from the effectiveness of the learning model applied by the teacher. One strategy that can increase student learning independence is to practice website-based inquiry education procedures. This research aims to identify students' learning independence in practicing web-based inquiry learning procedures at home. This research uses library research procedures and the type of information used is secondary information. The results of the study show that the implementation of the web-based inquiry learning method at home is efficient and effective. In the implementation of the web-based inquiry learning method, it is supported in part regarding: online-based learning support facilities, various learning facilities, internet networks that reach all school zones. Not only supporters of the application of web-based inquiry learning methods there are also some obstacles, including the absence of an internet network when students are at home so that not all students receive teacher assignments that can be informed at any time, there is no feature training for parents / guardians of students to enter into the class group within WhattAps.
Keywords: web-based inquiry learning method, independent learning, students at home

 

Kemandirian belajar merupakan keingintahuan tiap siswa untuk menciptakan hal-hal baru yang kemauannya mendorong siswa untuk terus mencari pemecahan permasalahan sehingga dalam perihal ini kemandirian. Pembelajaran siswa tidak terlepas dari keefektifan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Salah satu strategi yang bisa meningkatkan kemandirian belajar siswa merupakan dengan mempraktikkan tata cara pendidikan inkuiri berbasis website. Riset ini bertujuan buat mengidentifikasi kemandirian belajar siswa dalam mempraktikkan tata cara Pembelajaran inkuiri berbasis web di rumah. Riset ini memakai tata cara riset pustaka serta tipe informasi yang digunakan merupakan informasi sekunder. Hasil studi menunjukkan kalau pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri berbasis web di rumah sudah efisien dan efektif. Dalam pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri berbasis web didukung dari sebagian mengenai: sarana pendukung pembelajaran berbasis online, berbagai fasilitas belajar, jaringan internet yang menjangkau seluruh zona sekolah. Tidak cuma pendukung penerapan metode pembelajaran inkuiri berbasis web ada pula sebagian hambatan antara lain yakni tidak adanya jaringan internet disaat siswa berada di rumah sehingga tidak semua siswa menerima tugas guru yang bisa diinformasikan setiap waktu, tidak adanya pelatihan fitur untuk orang tua/ wali siswa untuk masuk ke dalam grup kelas dalam WhattAps.
Kata kunci: metode pembelajaran inkuiri berbasis web, kemandirian belajar, siswa di rumah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Edisi Revisi. V. Jakarta: Rineka Cipta.

Afandi. 2011. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif melalui Model Reciprocal taching dan Problem Based Learning ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Volume 2 Nomor 2.

Boekaerts, M., Zeidner, M., & Pintrich, P. R. 1999. Handbook of self-regulation. Elsevier.

Fadhillah, Nurul dan Syarifah Faradina. 2016. Hubungan Kelekatan orangtua dengan Kemandirian Remaja di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psicendekia. Volume 1 Nomor 4.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta.: Graha Ilmu.

Krippendoff, Klaus. 1993. Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.

Mashuri, Imam. 2012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Iknuiri ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas X SMAN Kabupaten Blora. Journal of Mathematics and Mathematics Education. Volume 2 Nomor 1

Nazir. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rizkianingsih, M. Sukisno dan Susilo. 2013. Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya Kelas VIII MTs. Unnes Physics Education Journal. Volume 2 Nomor 3.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Tahar, Irza dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Voume 7 Nomor 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.