DAMPAK ACADEMIC SELF-EFFICACY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG BERMAIN GAME ONLINE

Desy Natalia, Lita Patricia Lunanta, Safitri Safitri

Abstract


Banyak mahasiswa yang seringkali menunda mengerjakan tugas kuliahnya sehingga terlambat dalam mengumpulkan tugas dan berdampak pada penurunan prestasi akibat lebih mementingkan bermain game online. Perilaku menunda tersebut merupakan prokrastinasi akademik dan salah satu factor terjadinya prokrastinasi akademik adalah rendahnya academic self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh academic self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa yang bermain game online. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal komparatif dan jumlah responden 100 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Alat ukur academic self-efficacy memiliki reliabilitas (α) 0,93 dengan total 27 aitem dan alat ukur prokrastinasi memiliki reliabilitas (α) 0,95 dengan total 35 aitem. Terdapat pengaruh negatif yang signifikan natara academic self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bermain game online dengan kontribusi academic self-efficacy terhadap prokrastinasi akademik sebesar 52,5%. Tingkat academic self-efficacy yang rendah (53%) dan prokrastinasi akademik yang tinggi (52%) ditemukan pada mahasiswa yang bermain game online. Berdasarkan data pendukung, mahasiswa yang tinggal bersama keluarga memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi (54,4%) dibandingkan mahasiswa yang tinggal sendiri (57,1%)

 

Kata kunci: Prokrastinasi akademik, Academic Self efficacy, Mahasiswa, game online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.