KAITAN INTENSITAS PENGGUNAAN TIKTOK SHOP DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA DEWASA AWAL
Abstract
Saat ini Tiktok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan, terutama oleh dewasa awal karena banyaknya fitur yang ada di aplikasi tersebut, salah satunya fitur Tiktok Shop, dimana pengguna Tiktok dapat melihat video, live, dan membeli barang pada satu aplikasi ditambah adanya promo dan diskon sehingga banyak pengguna yang tertarik untuk belanja melalui Tiktok Shop. Melihat intensnya pengguna Tiktok melihat video promosi ataupun live, banyak dewasa awal yang memiliki perilaku konsumtif sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan intensitas penggunaan Tiktok Shop dengan perilaku konsumtif pada dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental korelasional dengan teknik purposive sampling dan sampel berjumlah 272 dewasa awal yang pernah menggunakan Tiktok Shop, berusia 18-40 tahun yang berdomisili di Jakarta. Alat ukur konsumtif dibuat berdasarkan teori Sumartono (2002) dengan jumlah aitem 30 butir dan reliabilitas α=0,946 sedangkan alat ukur intensitas berdasarkan teori Ajzen (2005) dengan jumlah aitem 19 butir dan reliabilitas α=0,912. Analisis menggunakan uji korelasi dengan signifikansi 0,00(p<0,05) dan nilai koefisien korelasi r 0,705 yang menandakan adanya hubungan positif antara intensitas penggunaan Tiktok Shop dengan perilaku konsumtif dewasa awal. Intensitas penggunaan Tiktok Shop pada dewasa awal diketahui tinggi (58,8%) serta perilaku konsumtif yang tinggi juga (52,9%).
Kata Kunci : Intensitas, Tiktok shop, Perilaku Konsumtif, Dewasa awal
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.