KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE : STUDI PADA PLATFORM SHOPEE

Muhammad Taufik Fitriyadi, Aisyah Ratnaningtyas

Abstract


Maraknya aktivitas belanja online melalui platform Shopee memiliki kaitan dengan kepercayaan konsumen terhadap online shop di platform tersebut. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana gambaran kepercayaan konsumen dalam melakukan belanja online pada platform Shopee. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan non-probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan banyaknya jumlah responden berjumlah 294 responden. Alat ukur untuk menggambarkan kepercayaan konsumen memiliki reliabilitas sebesar (α) 0,920 dengan total 25 aitem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen menggunakan platform Shopee untuk melakukan kegiatan belanja online berada pada kategori tinggi (55%) dengan aspek yang dominan adalah aspek ability (35,7%). Berdasarkan hasil crosstab diketahui, responden perempuan memiliki kepercayaan yang lebih tinggi (57,8%) dibandingkan responden laki-laki (55,1%) dalam melakukan belanja online di platform Shopee. Berdasarkan rentang usia, responden yang memiliki kepercayaan tinggi berada pada rentang usia 19-30 tahun (62,2%) sedangkan rentang usia >30 (70%) memiliki kepercayaan yang rendah. Kepercayaan tinggi juga ditemukan pada responden yang memiliki frekuensi bertransaksi 5-8 kali dalam satu bulan (57,1%) serta responden dengan lama penggunaan shopee <6 bulan (60%). Adapun jenis barang yang seringkali dibeli dengan tingkat kepercayaan tinggi adalah peralatan biologi (100%) sedangkan jenis barang yang jarang dibeli dengan tingkat kepercayaan rendah adalah elektronik (100%).  

 

Kata Kunci : Kepercayaan konsumen, Shopee, Belanja online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.