PEMBINAAN AKUNTANSI, PAJAK DAN PEMASARAN PADA KOPERASI (UKM)

Rilla Gantino, Ritta Setiyati

Abstract


Abstract
The implementation of community service activities aims to provide an understanding of accounting, tax and marketing to SMEs. Implementation of community service for cooperative SMEs through online exposure. Online presentation to explain accounting concepts and the importance of accounting; management concepts such as marketing management, especially marketing strategies, pricing, packaging and online marketing. Exposure of taxes was carried out offline facilitated by the Jakarta Center for Cooperatives, MSMEs and Trade. Furthermore, offline accounting and tax assistance was carried out for 3 months.

Kata kunci : Marketing online, Accounting, Tax

Abstrak
Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan memberikan pemahaman tentang akuntansi, pajak dan pemasaran kepada pelaku UKM. Pelaksanaan pengabdian masyarakat pada UKM koperasi melalui pemaparan secara daring. Pemaparan daring untuk menjelaskan konsep akuntansi dan pentingnya akuntansi; konsep manajemen seperti manajemen pemasaran terutama strategi pemasaran, penetapan harga, kemasan dan pamasaran daring. Pemaparan pajak dilakukan offline yang difasilitasi oleh Pusdiklat Koperasi, UMKM serta Perdagangan Jakarta Selanjutnya dilakukan pendampingan akuntansi dan pajak offline selama 3 bulan.

Kata kunci : Pemasaran Daring, Akuntansi, Pajak.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Antari, & Supadmi. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kualitas Pelayanan Dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan WPOP, 26(1), 221–250.

Nurchamid, M., & Sutjahyani, D. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, EBilling Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Tegalsari. JEA17 Jurnal Ekonomi Akuntansi, 3(2), 41–54. Retrieved from https://doi.org/10.1017/CBO97811074153

004

Nurhaliza, S. (2020). Ini Target Kontribusi UMKM Terhadap Ekonomi di 2020-2024. Idxchannel. Jakarta: Retrieved from https://www.idxchannel.com/marketnews/ini-target-kontribusi-umkm-terhadapekonomi-di-2020-2024#:~:text=Sementara di 2024 kontribusi UMKM,dan 2024 ditargetkan mencapai 65%25.

Prastowo, Y. (2019). Penerimaan Pajak UKM Belum Optimal. Www.Okezone.Com. Jakarta. Retrieved from https://economy. okezone.com/read/2019/01/09/20/2001988/penerimaan-pajakukm-belum-optimal

Putri, A. S. (2020). Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Www.Kompas.Com. Jakarta. Retrieved fromhttps://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peranumkm-dalam-perekonomianindonesia?page=all

Rahmawaty, S., & Baridwan, Z. (2014). Pengaruh Pengetahuan , Modernisasi Strategi Direktoral Jenderal Pajak , Sanksi Perpajakan dan Religiusitas Yang Dipersepsikan Terhadap Kepatuhan Perpajakan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1), 1–10.

Trihatmoko, H., & Mubaraq, M. R. (2020). Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Madiun. E-Jurnal Akuntansi, 30(9), 2231. Retrieved from https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i09.p05

Weygandt, Jerry J., Kieso, D. E. (2013). Intermediate Accounting IFRS Edition. John Wiley & Sons, Inc: USA.

Yusuf, & Sawitri, P. (2009). Modal Intelektual Dan Market Performance perusahaanperusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil), 3, 49–55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Email: semnaslppm@esaunggul.ac.id