IPTEK PELATIHAN ANALISIS KEUANGAN PADA SISWA SMU

Yosevin Karnawati, Sri Handayani, Adrie Putra, Sugiyanto Sugiyanto, Abdurrahman Abdurrahman

Abstract


Abstract

Accounting and management is one of the subjects taught to senior high school students, but so far these students do not fully understand the benefits of accounting and management for themselves and their environment. The purpose of this community service activity is to assist senior high school students in learning and understanding accounting, especially financial statement by providing training on how to interpret financial statement in the form of financial analysis. The method of implementing this community service activity is cooperative learning, which is carried out using the lecture, discussion and training method. Community service partners are high school students who live in RT013 RW 04 Perumahan Buana Gardenia, Kelurahan Pinang, Kota Tangerang . This community service activity was held in August - December 2020. The result of this activity was the grouping of students into small discussion groups that were consistent and active in discussing accounting and financial analysis, so that these high school students were easier to absorb and understand. accounting lessons in school.

Keywords: accounting, management, financial analysis

 

Abstrak

Akuntansi dan manajemen adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa-siswa SMU, namun selama ini siswa-siswa tersebut tidak sepenuhnya memahami manfaat ilmu akuntansi dan manajemen bagi diri sendiri maupun bagi lingkungannya. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu siswa SMU dalam belajar dan memahami akuntansi, khususnya laporan keuangan dengan cara memberikan pelatihan tentang bagaimana, menginterpretasikan laporan keuangan dalam bentuk analisis keuangan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan pembelajaran kooperatif, yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan latihan. Mitra pengabdian adalah siswa-siswa SMU yang tinggal di RT013 RW 04 Perumahan Buana Gardenia , Kelurahan Pinang, Kota Tangerang. Kegiatan pngabdian pada masyarakat ini diselenggaran pada bulan Agustus - Desember 2020. Hasil dari kegiatan ini adalah pengelompokan siswa dalam kelompok-kelompok kecil diskusi yang konsisten dan aktif melakukan diskusi mengenai akuntansi dan analisis keuangan, sehingga siswasiswa

SMU ini semakin mudah untuk menyerap dan memahahi pelajaran akuntansi di sekolah.

Kata kunci: akuntansi, manajemen, analisis keuangan


Full Text:

PDF

References


Sri Umi Mintarti Widjaja. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan dengan Pendekatan Kontekstual dan S trategi Problem Based Learning. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM,

Warren Reeve Fess 2008Pengantar Akuntansi(Buku 1) (Edisi 21) Salemba 4, Jakarta

Erly Sherlita dkk, Analisis Peran Metode Pembelajaran Soft Skill Pada Mata Kuliah Inti Prodi Akuntansi Untuk Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Mahasiswa, STIE Widyatama

Supriyati, Pengembangan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Perpajakan Sebagai Upaya Peningkatankinerja Mahasiswa, Prosiding Simposium Nasional Perpajakan 4, STIE Perbanas Surabaya

Kardiman. 2010. Accounting for Senior High School Year XI I. Jakarta:

Yudhistira.Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusdianto. 2009. Pengantar Akuntansi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston 2009. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku Satu. Edisi Kesepuluh. Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Darsono 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Salemba Empat. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Email: semnaslppm@esaunggul.ac.id