PENGENALAN PRINSIP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA REMAJA SAAT PANDEMI COVID-19

Vitria Melani, Laras Sitoayu, Nanda Aula Rumana, Lintang Purwara Dewanti, Vira Herliana Putri, Putri Ronitawati, Rachmanida Nuzrina

Abstract


Abstract

Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) is an effort to create a healthy life at the individual and community levels. In a pandemic era like today, PHBS is very important to avoid various viruses and diseases. Education about the importance of PHBS needs to be carried out to all society elements, including adolescents. Education for adolescents can be done by utilizing digital media because of adolescents' increasing exposure to these media. So, the purpose of this community service activity is to increase adolescent knowledge about PHBS to apply it in everyday life. Education using Whatsapp Group media involving 31 students from SMPN 220 Jakarta. There are pre-test and post-test that are given as an indicator of the success of the education delivered. The results of the analysis showed that there was an increase in adolescent knowledge about PHBS. All participants also showed a positive response with education through digital media like this and hoped that similar activities, with material about nutrition and other health, could be carried out as well. This shows that the role of digital media is very large in influencing adolescents' knowledge of information. It is necessary to continue to carry out nutrition education using digital media to create a healthy and quality generation.

Keywords : Adolescents, Health, PHBS

Abstrak

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan sebuah upaya untuk menciptakan kehidupan sehat, baik pada tingkat individu maupun kelompok masyarakat. Di era pandemi seperti saat ini, PHBS menjadi hal yang sangat penting diperhatikan, agar masyarakat terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Edukasi mengenai pentingnya PHBS ini perlu terus dilakukan kepada seluruh elemen masyarakat. Salah satu kelompok yang perlu menjadi perhatian adalah remaja. Edukasi kepada remaja dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital, karena keterpaparan remaja yang semakin meningkat terhadap media tersebut. Sehingga, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan remaja mengenai PHBS agar dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Edukasi menggunakan media Whatsapp Group dengan melibatkan 31 siswa dari SMPN 220 Jakarta. Terdapat pre test dan post test yang diberikan sebagai indikator keberhasilan edukasi yang disampaikan. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan remaja tentang PHBS. Seluruh peserta juga menunjukkan respon yang positif dengan edukasi melalui media digital seperti ini dan mengharapkan kegiatan yang sejenis, dengan materi seputar gizi dan kesehatan lainnya dapat dilakukan juga. Hal ini menunjukkan bahwa peran media digital sangat besar dalam memengaruhi pengetahuan remaja terhadap suatu informasi. Sehingga, perlu terus dilakukan edukasi gizi dengan media digital agar tercipta generasi yang sehat dan berkualitas.

Kata kunci : Kesehatan, PHBS, Remaja.


Full Text:

PDF

References


Adliyani, Z. O. N. (2015). Pengaruh Perilaku Individu terhadap Hidup Sehat. Majority,4(7), 109–114.

Astuti, L. (2020). Kontribusi Media Sosial Terhadap Perilaku Keseharian Remaja. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, II(2), 146–156.

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Kemenkes RI. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. In Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2269/MENKES/PER/XI/2011 tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Khatimah, H. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasamuh,

(1), 119–138. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v16i1.548

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069

Rachmaniar, R., Prihandini, P., & Janitra, P. A. (2018). Perilaku Penggunaan Smartphone dan Akses Pornografi di Kalangan Remaja Perempuan. Jurnal Komunikasi Global, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.24815/jkg.v7i1.10890

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital

Siswa. Jurnal VARIDIKA, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904

Sartika. (2018). Kegunaan whatsapp sebagai media informasi dan media pembelajaran

pada mahasiswa ilmu komunikasi STISIP persada bunda. Medium, 6(2), 15–26.

Sitoayu, L., Dewanti, L. P., Melani, V., Rumana, N. A., Putri, V. H., & Ronitawati,P. (2021). Literasi Digital Mengenai Rutin Menimbang Berat Badan dan Melakukan Aktivitas Fisik Pada Remaja Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(1), 96–105.

Vionalita, G., & Kusumaningtiar, D. (2017). Knowledge of Clean and Healthy Behavior

and Quality of Life among School-Children. Advances in Health Sciences Research (AHSR), 2(January), 431–436. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.67

Zaki, I., & Sari, H. P. (2019). Edukasi Gizi Berbasis Media Sosial Meningkatkan Pengetahuan dan Asupan Energi- Protein Remaja Putri Dengan Kurang Energi Kronik (Kek). Gizi Indonesia, 42(2), 111. https://doi.org/10.36457/gizindo.v42i2.469

Zukmadani, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam Pencegahan COVID-19 Kepada Anak-Anak di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.440


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Email: semnaslppm@esaunggul.ac.id