IPTEKS PELATIHAN PELAPORAN BERKELANJUTAN PADA PT CELEBESSI METALINDO UTAMA

Sri Handayani, Jatmiko Jatmiko, Yosevin Karnawati, Abdurrahman Abdurrahman, Darmansyah Darmansyah

Abstract


Abstract

Sustainability reporting is a tool that can be used to publish information that is widely needed, thus helping in understanding and managing the impact of sustainability development on organizational activities and strategies. There are still many companies that do not realize the importance of sustainable reporting. The purpose of this community service activity is to provide solutions from service partners in providing sustainable reports. The method of implementing this community service activity is lectures, discussions and at the same time routine assistance in practicing the provision of sustainable reports. The partner in this community service is PT Celebessi Metalindo Utama, located in Kendari, Southeast Sulawesi, with the subject being accounting and finance staff. Community service activities were held from July to December 2020. The result of this activity was an increase in the ability of accounting and finance staff in understanding the basics of information disclosure and preparing sustainable reporting . This success was shown, among others, by the suitability of the material with the participants, the positive and enthusiastic response of the participants, and the ability to utilize reporting guidelines for the preparation of future sustainable reports.

Keywords: Sustainability Reporting, GRI G4 Guidelines, Information Disclosure.

 

Abstrak

Pelaporan keberlanjutan alat yang mampu digunakan untuk mempublikasi informasi yang secara luas dibutuhkan, sehingga membantu dalam pemahaman dan pengelolaan dampak dari pengembangan keberlanjutan terhadap kegiatan dan strategi organisasi. Masih banyak perusahaan yang belum menyadari akan pentingnya pelaporan berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan solusi dari mitra pengabdian dalam menyediakan laporan berkelanjutan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ceramah, diskusi dan sekaligus pendampingan rutin dalam mempraktikkan penyediaan laporan berkelanjutan. Mitra pengabdian adalah PT Celebessi Metalindo Utama yang berlokasi di Kendari Sulawesi Tenggara, dengan subyek yaitu para staf bagian akuntansi dan keuangan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diselenggarakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2020. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan staf bagian akuntansi dan keuangan dalam pemahaman dasar-dasar pengungkapan informasi dan dalam praktik penyusunan pelaporan berkelanjutan. Keberhasilan ini ditunjukkan antara lain oleh adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta untuk meningkatkan kemampuannya, adanya respon yang positif dan antusias dari peserta, serta pemanfaatan pedoman pelaporan untuk penyusunan laporan berkelanjutan di masa yang akan datang.

Kata kunci : Pelaporan Berkelanjutan, Pedoman GRI G4, Pengungkapan Informasi.


Full Text:

PDF

References


Meek, G.K., dan Gray, S.J., (1988), The Value Added Statement:an Innovation for the US Companies, Accounting Horizons, Vol. 12 ( 2). Pp. 73-81.

Rr. Adita Khasanah G, 2019, Analisis Pengaruh kualitas Kinerja berkelanjutan perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Keberlanjutan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017, Skripsi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Clarkson, P. M. et al., 2008, Revisiting The RelationsBetweenEnviromental PerformanceandEnviromental Disclosure: An Empirical Analysis. Accounting, Organizations and Society.

Rr Adita KG, Abdul Rohman, 2019, Analisis Pengaruh kualitas Kinerja berkelanjutan perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Keberlanjutan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017, Fakultas EkonomikaDanBisnisUniversitas Diponegoro, Semarang. http://ejournals1. undip.ac.id/index.php/accounting, Volume 8Nomor 3, Tahun 2019, ISSN(Online): 2337- 3806

Rita Wijayanti, 2018, Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta rw120@ums.ac.id.

Global Reporting Initiative, 2019, G4, Pedoman Pelaporan Berkelanjutan, Panduan Penerapan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Email: semnaslppm@esaunggul.ac.id