PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE PADA USAHA KULINER ALUMNI SDN MALAKA 12 PETANG JAKARTA TIMUR

R.A Nurlinda, Eka Bertuah, Ari Anggarani, Rojuaniah Rojuaniah

Abstract


Abstract

Culinary business people who were members of the SDN Malaka 12 Petang Alumni Association which was formed in order to carry out social welfare activities and economic enterprises in togetherness as a means to improve social welfare its members. The problem faced at this time is that they are still managing their culinary business in conventional ways and also accompanied by a very simple marketing process, where entrepreneurs only carry out marketing to the extent of selling their products to surrounding areas that are considered busy without trying to develop their marketing further. This has an impact on the underdevelopment of their culinary business. Community service methods are carried out by providing training in the form of lectures, discussions, demonstrations, and exercises / practices. The training materials provided include business management and, online marketing strategies, The results of the training activities are that culinary business people have a better understanding of business management, understand online marketing procedures, having the ability to design an attractive packaging and give new enthusiasm to maintain business and compete in business, thereby fostering business improvement conditions and business sustainability.

 Keywords: culinary business, business management, online marketing

 Abstrak

Pelaku bisnis kuliner yang merupakan anggota dari Ikatan Alumni SDN Malaka 12 Petang yang dibentuk dalam rangka melaksanakan kegiatan kesejahteraan sosial dan usaha  ekonomi dalam semangat kebersamaan sebagai sarana untuk meningkatkan taraf  kesejahteraan sosial para anggotanya. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah mereka masih mengelola bisnis kulinernya dengan cara-cara konvensional dan juga dibarengi dengan proses pemasaran yang masih sangat sederhana, dimana para pengusaha hanya melakukan pemasaran sebatas menjual hasil usahanya ke wilayah sekitar yang dianggap ramai tanpa mencoba mengembangkan pemasarannya lebih jauh lagi. Hal ini berdampak pada kurang berkembangnya usaha kuliner mereka. Metode Pengabdian masyarakat yang dilakukan dengan memberikan pelatihan berupa ceramah, diskusi, peragaan, dan latihan/praktek. Materi pelatihan yang berikan meliputi manajemen bisnis dan strategi pemasaran online. Hasil kegiatan pelatihan adalah para pelaku bisnis kuliner lebih memiliki pemahaman atas manajemen bisnis, memahami prosedur pemasaran secara online, memiliki kemampuan untuk mendesain kemasan produk secara menarik, serta memberikan semangat baru untuk mempertahankan usaha dan bersaing dalam bisnis, sehingga menumbuhkan kondisi perbaikan usaha dan keberlanjutan usahanya.

 Kata Kunci : Bisnis Kuliner, Manajemen bisnis, Pemasaran Online


Full Text:

PDF

References


Abdul latief. (2019). Tren Bisnis 2020, Bisnis Kuliner Masih Akan Tumbuh Berkembang. MeleniaNews. https://milenianews.com/2019/12/13/tren-bisnis-2020-

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi.). Penerbit PT Bumi Aksara.

Kemenperin. (2019). Industri Makanan dan Minuman Jadi Sektor Kampiun. https://kemenperin.go.id/artikel/20298/Industri-Makanan-dan-Minuman-Jadi- Sektor Kampiun-

Setyanti. 2012. (2012, September 17). Cara Menentukan Kemasan Produk. Kompas.Com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

University Press, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Jl. Arjuna Utara No.9, RT.1/RW.2, Duri Kepa,
Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Email: semnaslppm@esaunggul.ac.id